Home > D’PGRI > Pensiun Disantuni Daspen, Meninggal Disantuni Dansos

Pensiun Disantuni Daspen, Meninggal Disantuni Dansos

PGRI BLORA 05
Agenda: Sosialisasi Perjuangan dan Daspen PGRI Jateng
Reporter: Tim Redaksi
 

BLORA, derapguru.com – PGRI Jawa Tengah telah memiliki mekanisme yang baik dalam pengelolaan iuran anggaran untuk memberikan santunan bagi anggota organisasinya yang pensiun dan meninggal dunia. Untuk guru-guru yang memasuki masa pensiun nantinya akan mendapatkan dana pensiun. Sedangkan untuk guru-guru yang meninggal sebelum sampai purna tugas akan mendapatkan pula dana untuk santunan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Daspen PGRI Jawa Tengah, H Sakbani SPd MH, saat memberikan materi mengenai Sosialisasi Perjuangan Organisasi dan Daspen PGRI Jawa Tengah bagi pengurus dan anggota PGRI Kabupaten Blora yang digelar di Gedung Guru PGRI Kabupaten Blora, Jumat 7 Juli 2023.

“Bagi yang pensiun disantuni Daspen (Dana Setiakawan Pensiun PGRI Jawa Tengah, red), bagi yang meninggal dunia disantuni Dansos (Dana Sosial, red),” tandas Sakbani.

BERSAMA: Ketua PGRI Jateng  Dr Muhdi SH MHum berfoto bersana dengan pengurus dan anggota PGRI Blora. Foto: Agus Wis.

BERSAMA: Ketua PGRI Jateng Dr Muhdi SH MHum berserta rombongan berfoto bersana dengan pengurus dan anggota PGRI Blora. Foto: Agus Wis.

Lebih lanjut Sakbani menuturkan, Daspen dan Dansos ini lahir bersamaan pada tahun 1985 di Surakarta pada masa kepemimpinan Ketua PGRI Jateng, Karseno, dan mulai beroperasi pada tahun 1986. Daspen pada kemudian hari berubah nama menjadi Dana Setiakawan (Danset), sehingga istilah Daspan dan Danset merujuk pada istilah yang sama.

“Daspen dan Dansos ini lahir bersamaan. Saat membuat Daspen, dibuat juga Danset. Keduanya lahir pada masa kepemimpinan Pak Karseno. Lahirnya di Kota Surakarta. Dulu iurannya 50 ribu per bulan, tapi sekarang diturunkan jadi 30 ribu per bulan,” tutur Sakbani.

Sakbani menambahkan, dengan bertambahnya guru-guru baru dan anggota PGRI baru, diharapkan jumlah anggota Daspen dan Dansos dapat kembali meningkat. Daspen dan Dansos inilah yang diharapkan oleh PGRI Jawa Tengah dapat dimanfaatkan para anggota untuk menambah kesejahteraan saat menghadapi masa-masa pensiun.

Ketua PGRI Blora, Sintong Joko Kusworo

SAMBUTAN: Ketua PGRI Blora, Sintong Joko Kusworo, saat memberikan sambutan. Foto: Agus Wis.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Blora, Sintong Joko Kusworo, berharap sosialisasi yang dilakukan PGRI Jawa Tengah dapat dipahami dan segera ditindaklanjuti para anggota yang belum menjadi anggota Daspen dan Dansos. Di luar itu, Sintong juga menegaskan komitmen seluruh anggota PGRI Kabupaten Blora untuk mengamankan amanat Konkerprov PGRI Jateng untuk mendorong Ketua PGRI Jateng maju dalam kontestasi DPD Jateng.

“Teman-teman di sini selalu berkomitmen untuk mengantarkan Pak Muhdi ke Senayan Jakarta,” tutur Sintong yang kemudian nembang Jawa yang liriknya mendoakan Dr Muhdi SH MHum dapat lolos ke Senayan Jakarta untuk mewakili para guru dan tenaga kependidikan dari Jawa Tengah. (za)

You may also like
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS
Rektor UPGRIS: Momen Istimewa Bersama Keluarga Besar UPGRIS
M Nasir Anggaran Pendidikan 20 Persen Perlu Diawasi Ketat
Dear Guru, PembaTIK 2024 Telah Buka Pendaftaran

Leave a Reply