Home > Populer > Jerry Puspitasari, Dari Blora Jadi Guru Inspirasi Indonesia

Jerry Puspitasari, Dari Blora Jadi Guru Inspirasi Indonesia

GURU INSPIRATIF

BLORA, derapguru.com – Siapa sangka bila dari tanah Blora akan lahir Guru Inspiratif untuk guru-guru se-Indonesia. Kenyataannya, dari Sabang sampai Merauke, dari Tanah Laut sampai Pulau Rote, salah satunya tanah Blora-lah yang ketiban berkah.

Ya, dialah Jerry Puspitasari SPd MPd, seorang guru muda dari di SMAN 1 Jepon Blora. Perempuan cantik yang baru menginjak usia 35 tahun tersebut, terpilih sebagai Guru Inspiratif 2022 untuk Jenjang SMA yang dianugerahkan oleh Kemdikbudristek.

Baca Juga: KaDisdik Blora: Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini

Seabreg penghargaan telah dia raih mulai dari juara ajang Olimpiade Guru Nasional dan berhasil memperoleh double medalion, Juara Simposium Tingkat Nasional 2018, Juara Gurulympic 2020, sampai dengan menjadi mentor dan tutor di berbagai kegiatan berskala nasional.

“Tantangan para guru saat ini adalah mental block dan kemalasan, tidak mau meng-upgrade potensi, sukar mengakui kehebatan orang lain, dan terlalu insecure,” tuturnya kepada derapguru.com.

Mental block ini, lanjut Jerry, akan membuat guru tidak lagi berkembangan. Sebab dari dalam pikirannya sendiri sudah ada tembok besar yang menghalangi. Mau tidak mau, bila ingin berkembang harus mulai menjadi guru yang open mind dan membongkar mental block dalam diri kita.

Baca Juga: Yeni Inka, Dari ‘Angel’ sampai ‘Full Senyum Sayang’

Hal lain yang sering membuat guru mandeg dalam berkembang di antaranya kebiasaan untuk sering mengatakan tidak bisa, saya sudah tua, sudah mau pensiun, atau biar yang muda saja kami mendukung dari belakang. Kebiasaan dan cara berpikir seperti inilah yang menjadi hambatan besar bagi guru untuk mengembangkan diri.

“Mindset guru seperti ini yang harus diubah. Guru harus mulai sadar, menjadi pembelajar itu long life education, pembelajaran itu sepanjang hayat,” urai guru yang kini sedang menempuh studi program doktoral ini. (pur/za)

Leave a Reply