Home > D’PGRI > Guru Perlu Bekali Siswa Kecerdasan Emosional dan Spiritual

Guru Perlu Bekali Siswa Kecerdasan Emosional dan Spiritual

MUALIP PGRI PEMALANG

PEMALANG, derapguru.com – Ketua PGRI Kabupaten Pemalang, Mualip SPd MM, menuturkan bahwa guru perlu membekali siswa dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Hal ini diperlukan supaya siswa-siswa memiliki modal yang cukup untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PGRI Kabupaten Pemalang, Mualid SPd MM, saat memberikan memberikan sambutan dalam “Resepsi HUT Ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional” yang digelar oleh PGRI Kabupaten Pemalang, Rabu 30 November 2022.

“Perkara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual ini menjadi masalah yang begitu menonjol pada masyarakat kini. Kondisi sosial yang mudah marah dan emosi terlihat di mana-mana. Bahkan, tidak sedikit guru yang dilabrak orang tua gara-gara memberikan hukuman untuk tujuan mendidik siswa,” tandas Mualip.

Mualip menambahkan, tantangan lain yang akan dihadapi guru adalah adanya pengaruh gadget pada kehidupan peserta didik. Gadget membawa manfaat sekaligus masalah. Keberadaannya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mendukung informai dalam pembelajaran, tapi juga bisa mengacaukan peserta didik bila penggunaannya tidak terkontrol secara baik.

“Di sekolah pegang gadget, di rumah pegang gatget, bangun tidur pegang gadget. Kalau orang tua tidak membantu mengontrol penggunaan gadget untuk hal-hal positif juga sangat berbahaya untuk perkembangan peserta didik,” tandas Mualip. (za)

You may also like
Dr Muhdi: Tradisi Baik Akan Terus kita Lanjutkan
PGRI Pemalang: Berbuka Puasa Ibadah Yang Tepat Waktu
Dr Muhdi SH MHum: Pengurus PGRI Harus Bisa Menjadi Subyek Dalam Pembangunan Pendidikan
Dr Muhdi: Ada Pak Sugianto dari Temanggung, Tiap Hari Bikin Video

Leave a Reply