Home > D’PGRI > Dr Muhdi: Kita Demo Kalah, Kita Gugat Kalah, Akhirnya…

Dr Muhdi: Kita Demo Kalah, Kita Gugat Kalah, Akhirnya…

Agenda: Sosialisasi Perjuangan dan Daspen
Reporter: Tim Redaksi

BANJARNEGARA, derapguru.com – PGRI pernah menghadapi kasus di mana kasus tersebut didemo besar-besaran tidak berefek, digugat secara hukum pun tetap kalah di pengadilan. Peristiwa pemkaarmya untuk adalah kisah dipensiunnya guru-guru di Kabupaten di Purworejo pada usia 56 tahun, bukan pensiun sampai usia 60 tahun.

Hal tersebut disampaikan Ketua PGRI Jateng, Dr Muhdi SH MHum, dalam Sosialisasi Perjuangan dan Daspen PGRI Jawa Tengah di Gedung Guru PGRI Kabupaten Banjarnegara, Sabtu 12 Agustus 2023.

“Kita demo kalah. Kita gugat kalah. Karena PNS (menurut undang-undang yang berlaku) memang masa pensiunnya 56 tahun dan bisa diperpanjang sampai 60 tahun. Akhirnya, kita tempuh cara lain, menggunakan konstitusi. Kebetulan saat itu PGRI punya 2 legislator di DPD RI, dibantu legislator fraksi PKS DPR RI, almarhum Zubair Safawi, untuk memasukkan ayat usia pensiun guru 60 tahun,” tutur Dr Muhdi.

Melalui konstitusi itulah, lanjut Dr Muhdi, PGRI berhasil menyelamatkan guru-guru dari masa pensiun 56 tahun dan ‘dapat’ diperpanjang sampai 60 tahun menjadi ‘pasti’ 60 tahun. Ayat inilah yang menjadi ‘kunci’ kemenangan dari pertarungan yang nyaris mustahil untuk dimenangkan kecuali PGRI memiliki anggota DPD RI di Senayan Jakarta

“Kita beruntung karena saat itu ada 2 orang anggota DPD RI dan memiliki jejaring yang baik di DPD RI,” tutur Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi menuturkan, kondisi inilah yang menyadarkan PGRI sebagai organisasi profesi untuk memiliki keterwakilan dalam wilayah legislasi. Karena statuta PGRI  melarang anggota PGRI untuk terlibat dalam wilayah kepartaipolitikan, maka PGRI mengambil sisi lain non-partai, yaitu melalui jalur DPD RI.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi, Ketua PGRI Jateng H Sakbani SPd MH, Wakil Ketua PGRI Jateng Dr Bunyamin MPd, Sekum PGRI Jateng Drs Aris Munandar MPd, Wakil Sekum PGRI Jateng Dr Sapto Budoyo MPd, Wakil Sekum PGRI Jateng Dr Saptono Nugrohadi MPd, Wakil Sekum PGRI Jateng Wahadi MH, Wakil Bendahara Muslih MAcc dan Kominfo PGRI Jateng Dr Agus Wismanto MPd, dan Ketua PGRI Banjarnegara besrta seluruh anggota PGRI se-Banjarnegara. (za)

 

You may also like
Kemendagri Seriusi Pembiayaan Beasiswa untuk Papua
Sambut Mahasiswa PMM, Rektor UPGRIS: Kalau Dana Belum Turun Kami Talangi
Terlibat Bullying, Anak Vincent Rompies Dikeluarkan dari Sekolah
Guru Penggerak Aset Pemerintah Daerah

Leave a Reply