Home > UPGRIS > Desa Wisata Poncoruso Sangat Potensial Dikembangkan

Desa Wisata Poncoruso Sangat Potensial Dikembangkan

UNGARAN, derapguru.com – Desa Wisata Kreatif Perdamaian (DWKP) Poncoruso memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang lebih besar lagi sebagai sebuah desa wisata. Hal itu dikarenakan, letak DWKP Poncoruso berada di jalur alternatif menuju Obyek Wisata Bandungan Kabupaten Semarang.

Hal tersebut disampaikan Dosen UPGRIS, Dr Rosalina Ginting MSi, saat melakukan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “PKM Desa Wisata Kreatif Perdamaian Desa Poncoruso Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang” di Joglo DWKP Poncoruso, baru-baru ini.

“Sangat potensial karena dekat dengan Obyek Wisata Bandungan. Jadi bisa saling menopang antara satu dengan lainnya. Selain itu desa wisata ini memiliki modal sosial yang kuat karena memiliki atraksi dan produk kuliner yang sangat beragam,” tutur Rosalina Ginting didampingi tim dosen yang terdiri atas Dr Maryanto MSi, Drs Suyoto MPd, dan Antono Herry Purnomo Adhi.

Rosalina Ginting menambahkan, tak hanya atraksi seni dan beragam kuliner saja, Poncoruso juga sudah memiliki ikon desa wisata, memiliki bungalo untuk penginapan, dan dilengkapi pula dengan joglo pertemuan. Potensinya sangat luar biasa bila dibandingkan dengan desa-desa wisata lain.

“Poncoruo ini termasuk paket komplit. Maka kami berusaha mendorong agar pengembangan desa wisata ini semakin maju dan kuat sehingga semakin banyak lagi para pengunjung yang berdatangan,” tutur Rosalina Ginting.

Untuk mendorong kemajuan, lanjut Rosalina Ginting, DWKP Poncoruso perlu membangun sinergitas dengan steakholder yang bisa mendorong kemajuan. Perlu juga membangun komunikas yang baik dengan perangkat desa, pemuda karang taruna, kelompok ibu-ibu PKK, dan tim desa kreatif.

“Perlu penguatan dan sinergitas SDM agar lebih padu memajukan desa wisata melalui kekuatan modal sosial yang dimiliki Desa Poncoruso,” pungkas Rosalina Ginting. (za)

You may also like
Guru Honorer DKI Jakarta “Dihapus”, Begini Alasan Disdik
Ketua PGRI Jateng Minta Penuntasan Masalah PPPK dan Honorer Diprioritaskan
PGRI Jawa Tengah dan Kepemimpinan Yang Iconic
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS

Leave a Reply