Home > Populer > SMK Jurusan Teknik Logistik, Belajar Apa?

SMK Jurusan Teknik Logistik, Belajar Apa?

TEKNIK LOGISTIK

JAKARTA, derapguru.com – Ada banyak jurusan teknik di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tapi sudah tahukah Anda bila ada jurusan bernama Teknik Logistik?

Salah satu sekolah kejuruan yang membuka jurusan ini adalah SMKN 4 Malang Jawa Timur. Sekolah ini menjadi salah satu dari 3 (tiga) SMK di Jawa Timur yang menyelenggarakan kompetensi teknik logistik.

Kepala Program Keahlian Teknik Logistik, SMKN 4 Malang, Rindi Astuti, mengatakan bahwa para prinsipnya siswa SMK Jurusan Teknik Logistik akan mempelajari bagaimana proses penyimpanan, pengemasan, pengiriman, pengangkutan, dan pencatatan barang agar dapat terlaksana dengan baik hingga sampai konsumen.

“Ada dua fase materi yang dipelajari di konsentrasi keahlian Teknik Logistik, yakni pada fase E dan fase F,” kata Rindi dalam rilis resmi ditjen vokasi, Senin 23 Januari 2023.

Pada fase E, yakni untuk siswa kelas X, mereka akan belajar tentang proses bisnis bidang teknik logistik atau teknik industri. Para siswa juga akan dibekali dengan bagaimana perkembangan teknik logistik dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dunia logistik dan teknik industri.

“Sedangkan pada fase F, materi yang dipelajari adalah tentang procurement/pengadaan, aktivitas pergudangan, pengemasan barang (packing), teknik pengiriman barang dan sistem informasi logistik, serta perdagangan internasional,” kata Rindi.

Untuk mendukung kompetensi teknik logistik ini, SMKN 4 Malang juga sudah bekerja sama dengan sejumlah industri yang bergerak di bidang logistik, seperti dengan Kompas Gramedia Xpress (KGX) dan JNE. SMKN 4 Malang juga bekerja sama dengan Indogrosir, Bea cukai Malang, PT Sukanda Djaya (distributor produk produsen Diamond), dan sejumlah industri lainnya. (za)

You may also like
Bekal Sertifikat Ini Buat Lulusan SMK Wisudha Karya Kudus Bergaji Fantastis
Kalau Sama Seperti Sekolah Negeri, Pasti Kalah
Lanjut, Program SMK Pusat Keunggulan di Tahun 2024
Kemendikbudristek: Sebanyak 3.329 SMK Tangani Industri kreatif

Leave a Reply