Home > D’Pop > Daerah > Seleksi CASN 2003 Masih Fokus Tenaga Kependidikan

Seleksi CASN 2003 Masih Fokus Tenaga Kependidikan

PPPK

JAKARTA, derapguru.com – Selagi merampungkan seleksi Calon Aparatus Sipil Negara (CASN) 2022, pemerintah juga akan menggelar CASN tahun 2023.

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, dalam rilis resmi dari Kementerian PAN RB, baru-baru ini.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” kata Menteri Anas.

Lebih lanjut Menteri Anas menyebutkan, tahun ini rekrutmen CASN akan terbagi menjadi dua jenis seleksi, yakni seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara selektif dan terbatas dan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Anas mengatakan, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan. Selain itu, prioritas juga diberikan untuk talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang sedang dilakukan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” lanjutnya.

Menteri Anas menerangkan, kini instansi pemerintah sedang dalam proses persiapan pengusulan formasi. Rekrutmen CASN 2023 disebutnya turut mempertimbangkan beberapa variabel tertentu.

Pertimbangan tertentu ini seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, mencakup pula letak geografis dan kemampuan anggaran.

“Kami meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN 2023 yang prioritas untuk segera diisi. Usai pengusulan, tahap berikutnya adalah penetapan kebutuhan. (za)

You may also like
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024
Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya
Kirim WA Gambar Porno Termasuk Pelecehan Seksual

Leave a Reply