Home > BERITA > Pemerintah Siapkan 40.621 Formasi CPNS Penempatan di IKN

Pemerintah Siapkan 40.621 Formasi CPNS Penempatan di IKN

ABDULLAH AZWAR ANAS

JAKARTA, derapguru.com —  Pemerintah menyediakan 40.621 formasi CPNS untuk penempatan di ibu kota negara baru. Mereka nantinya akan mengisi formasi pemerintah pusat termasuk otorita IKN, dan formasi kementerian atau lembaga.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, sebagaimana dilansir laman Antara, Selasa 2 Juli 2024.

“Terkait pengadaan CPNS khusus IKN di 2024, kami ingin menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah ada formasi 130.341 di instansi pemerintah pusat, di dalamnya nanti akan ada 600 formasi untuk Otorita IKN, kemudian 40.021 formasi untuk kementerian/lembaga yang akan ada di IKN,” urai Anas.

Anas menambahkan, pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen khusus untuk putra/putri Kalimantan dalam formasi kementerian/lembaga di IKN. Pendaftaran bakal dibuka pada Juli-Agustus 2024.

“Artinya ada 2.000 putra/putri Kalimantan terbaik yang diberi ruang afirmasi di formasi fresh graduate di IKN,” tutur Azwar.

Pemerintah juga telah menyiapkan skenario pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN secara bertahap. Azwar Anas menyebut pihaknya juga bakal melakukan mutasi PNS dari pemerintah daerah sekitar IKN.

Azwar Anas memastikan mutasi ASN dari pemda sekitar melalui seleksi terbuka secara kompetitif. Dia mengatakan ini penting agar mereka yang pindah merupakan orang-orang berkualifikasi tinggi.

“Ini supaya mereka yang pindah atau mutasi dari pemda sekitar Kalimantan juga terdiri dari ASN yang berkualifikasi tinggi, talenta digital, multitasking, yang bisa memberi layanan secara digital dan sebagaimana standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” jelas dia. (za)

You may also like
SMA Tanpa IPA, IPS, dan Bahasa, Kemendikbudristek: Siswa Leluasa Pilih Pelajaran
Guru-Honorer
PHK Guru Honorer, LBH: Ada Intimidasi-Kekeliruan Istilah ‘Cleansing’
Guru Honorer DKI Jakarta “Dihapus”, Begini Alasan Disdik
Ketua PGRI Jateng Minta Penuntasan Masalah PPPK dan Honorer Diprioritaskan

Leave a Reply