Home > Entertainment > Magister Ilmu Sihir Dibuka Tahun Depan

Magister Ilmu Sihir Dibuka Tahun Depan

Agenda: Jurusan Ilmu Sihir
Reporter: Tim Redaksi

JAKARTA, derapguru.com — University of Exeter di Inggris menambah deretan jurusan unik di dunia. Kampus ini akan membuka jurusan Magister Ilmu Sihir dan Gaib. Prodi yang ditawarkan mulai September 2024 itu diklaim menjadi jurusan sihir dan gaib pertama di Inggris.

Mahasiswa akan mempelajari sejarah dan pengaruh ilmu sihir di seluruh dunia terhadap masyarakat dan sains, demikian kata ketua jurusan Emily Selove. Prodi ilmu sihir dan gaib disebut dilatarbelakangi oleh kenaikan minat terhadap sihir belakangan ini. Program tersebut akan berlangsung selama satu tahun.

Pihak universitas seperti dikutip dari BBC News mengatakan bahwa ini merupakan satu-satunya program pascasarjana di Inggris yang menggabungkan antara studi mengenai sejarah sihir dengan berbagai mata pelajaran lainnya. Para akademisi dengan keahlian bidang sejarah, sastra, filosofi, arkeologi, sosiologi, psikologi, drama, dan agama akan mengajarkan peran sihir di Barat dan Timur.

“Dekolonisasi, eksplorasi epistemologi alternatif, feminisme, dan antirasisme adalah fokus dalam program studi ini. Program master ini akan mengajak mahasiswa untuk mengoreksi ulang asumsi bahwa Barat adalah pusat rasionalisme dan sains, sedangkan bagian dunia yang lain merupakan area sihir dan takhayul,” jelas Selove.

Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Dikutip dari informasi prodi dalam situs resmi kampus, beberapa contoh modul atau mata kuliah yang akan ditawarkan adalah sejarah lisan; Naga Barat dalam pengetahuan sastra dan seni; Legenda Raja Arthur; topik dalam teori dan praktik arkeologi, dan banyak lagi.

Prodi Ilmu Sihir dan Gaib University of Exeter dijelaskan akan mengembangkan berbagai keterampilan seperti berpikir kreatif, berpikir analitis, fleksibilitas, kesadaran diri, rasa ingin tahu, dan sebagainya. Jurusan ini akan ditawarkan di Institut Ilmu Arab dan Islam. Beberapa karier yang dapat digeluti di antaranya:

  • Mengajar
  • Bekerja di museum
  • Bekerja di perpustakaan
  • Pembimbing spiritual dan kesejahteraan
  • Bekerja di bidang seni
  • Bekerja di penerbitan
  • Bekerja di sektor pariwisata
  • Bekerja di bidang penulisan dan media. (bbc/za)
You may also like
Kemendagri Seriusi Pembiayaan Beasiswa untuk Papua
Sambut Mahasiswa PMM, Rektor UPGRIS: Kalau Dana Belum Turun Kami Talangi
Terlibat Bullying, Anak Vincent Rompies Dikeluarkan dari Sekolah
Guru Penggerak Aset Pemerintah Daerah

Leave a Reply