Home > BERITA > Lebih Dari 40 Ribu Mahasiswa Telah Ikuti PMM

Lebih Dari 40 Ribu Mahasiswa Telah Ikuti PMM

JAKARTA, derapguru.com — Program Mahasiswa Merdeka (PMM) telah digelar sejak tahun 2021 dan telah berjalan dalam 3 periode. Sampai saat ini, PMM telah melepas lebih dari 40 ribu mahasiswa untuk menempuh studi di kampus lain yang masih dalam satu klaster.

Informasi tersebut disampaikan Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam acara “Pelepasan Mahasiswa Program Mahasiswa Merdeka Angkatan 4 Tahun 2024” yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Rabu 7 Februari 2024.

“Selama tiga periode tersebut, kita mengirimkan kurang lebih 40 ribu mahasiswa untuk belajar di kampus lain di luar klaster perguruan tinggi asalnya masing-masing,” ujar Nadiem.

Nadiem menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi mahasiswa yang berani mengikuti Program Mahasiswa Merdeka (PMM). Baginya, mahasiswa yang mengikuti PMM telah berani keluar dari zona nyaman. Artinya, mahasiswa tersebut sangat siap menjadi agen perubahan.

“Adik-adik semua adalah sosok yang berani keluar dari zona nyaman, siap menghadapi perubahan, dan mencintai keberagaman yang kita miliki. Karakteristik ini yang kita butuhkan untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” ujar Nadiem.

Lebih lanjut Nadiem berharap mahasiswa yang mengikuti PMM mampu menghadapi tantangan baru di kampus lain. Serta dapat menggali berbagai manfaat dari kampus tujuan masing-masing.

“Pelajarilah kultur masyarakat setempat dan wujudkan sikap yang toleran, bangun gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat setempat, dan terus berkuat karakter dan kompetensi kalian di berbagai bidang,” tutur Nadiem. (za)

You may also like
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang
Bagas – Tasyfa, Mahasiswa Baru Yang Sabet Gelar Pupika UPGRIS 2024
Pendanaan Non-UKT Akan Jadi Indikator Kinerja PTNBH
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS

Leave a Reply