Home > D’PGRI > Ketua PGRI Jateng: Era Society 5.0, Pendidikan Fokus Karakter

Ketua PGRI Jateng: Era Society 5.0, Pendidikan Fokus Karakter

Agenda: Webinar ‘Pengembangan Profesi Guru’

Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com – Pengaruh peradaban ekonomi pada Era Revolusi Industry 4.0 yang berbasis teknologi informasi membawa pengaruh pada peradaban sosial masyarakat. Peradaban sosial masyarakat yang semula berada pada Era Society 4.0 kini mulai meloncat menuju Era Society 5.0.

Era Society 4.0 membentuk Masyarakat Informasi. Sedangkan Era Society 5.0 membentuk Super Smart Society,” tandas Ketua PGRI Jateng, Dr H Muhdi SH MHum, saat memberikan materi dalam Webinar Pendidikan “Pengembangan Profesi Guru” yang diselenggarakan oleh PGRI Jawa Tengah bekerjasama dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Jawa Tengah, Selasa siang 31 Oktober 2023.

Dr Muhdi menambahkan, Era Society 5.0 secara fundamental akan mengubah aspek cara kita hidup, cara kita bekerja, dan cara kita berhubungan dengan orang lain. Pada era ini, fokus dunia pendidikan berada pada pembentukan karakter, moral, dan keteladanan.

“Era sicoety 5.0 ini fokusnya justru pada karakter, moral, keteladanan atau akhlaqul karimah. Karena ilmu akan mudah digantikan dari waktu ke waktu oleh teknologi yang berkembang pesat,” urai Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi menuturkan, selain persoalan karakter, moral, dan keteladanan, ada hal lain yang sangat urgen untuk menghadapi tantangan pada society 5.0. Hal urgen tersebut adalah “growth mind” atau pikiran yang terus tumbuh. Pasalnya, dengan pikiran yang terus tumbuh dan berkembang, seseorang akan dengan mudah mengikuti perubahan peradaban yang terus terjadi.

“Ternyata saat ini, mereka yang berada dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu atau sekolah berbasis agama memiliki peluang luar biasa untuk mencipatakan generasi unggul bagi Indonesia. Karena tuntutan sumber daya unggul itu terletak pada karakter, moral, dan ahlaqul karimah atau keteladanan,” pungkas Dr Muhdi. (za)

 

You may also like
PGRI Temanggung: Diminta Tak Diminta PGRI Harus Hadir
Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif
Dunia Pendidikan Harus Cepat Beradaptasi
Rektor UPGRIS: Pendidikan Tinggi Adalah Ujung Tombak

Leave a Reply