Home > D’PGRI > Ketua PGRI Jateng: Ada Masalah dan Resiko Luar Biasa

Ketua PGRI Jateng: Ada Masalah dan Resiko Luar Biasa

Agenda: Webinar ‘Pengembangan Profesi Guru’

Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com – Ada resiko luar biasa yang akan dihadapi bangsa ini terkait dengan terjadinya perubahan peradaban pada masyarakat Revolusi Industry 4.0. Ketika semua hal mulai terikat dengan teknologi informasi dan komunikasi, banyak tatanan akan berubah—atau bahkan terkena disrupsi—sebagai dampak dari penggunaan teknologi berbasis internet.

Proyeksi tentang resiko bangsa di masa mendatang ini disampaikan oleh Ketua PGRI Jateng, Dr H Muhdi SH MHum, saat memberikan materi dalam Webinar Pendidikan “Pengembangan Profesi Guru” yang diselenggarakan oleh PGRI Cabsus UPGRIS bekerjasama dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Jawa Tengah, Selasa siang 31 Oktober 2023.

“Era Revolusi Industri 4.0 ini akan terjadi perubahan yang berlangsung sangat cepat, bahkan disebut eksponensial. Karena disrupsi ini menggikuti Hukum Moore. Jadi perubahan itu terjadi dengan tidak biasa-biasa saja serta berjalan tidak beraturan,” tutur Dr Muhdi.

Resiko yang tumbuh dari perubahan yang tidak biasa-biasa tersebut, lanjut Dr Muhdi, dapat dilihat dengan munculnya peristiwa-persitiwa yang tidak terduga-duga atau peristiwa yang nyaris tidak terlintas dalam pikiran kita. Beberapa peristiwa tersebut sudah bermunculan di sekitar kita dan telah banyak membuat kita tercengang ketika menyaksikannya.

“Tahu-tahu anak-anak SD bunuh diri. Tahu-tahu ada anak mengasah sabit untuk mengancam atau mencederai gurunya. Ini kan ngeri banget. Tahu-tahu kita menghadapi masalah itu,” tutur Dr Muhdi.

Dr Muhdi menambahkan, berbagai resiko non-predictable yang muncul tersebut membawa persoalan dan tantangan luar biasa bagi guru untuk dapat dihadapi dan dipecahkan. Di sisi lain, meski membawa tantangan luar biasa, era ini juga membawa peluang yang luar biasa pula. (za)

You may also like
Fikri Faqih: Guru Harus Tahu Bagaimana Belajar
Fikri Faqih: Guru Harus Dibekali Betul Kompetensi Pedagogik
Ketua PGRI Jateng: Era Society 5.0, Pendidikan Fokus Karakter
Ketua PGRI Jateng: Kita Ditakdirkan Mendidik Generasi Emas

Leave a Reply