Home > D’Pop > Daerah > Jambore Ranting Tengaran Diikuti 1161 Siswa

Jambore Ranting Tengaran Diikuti 1161 Siswa

Agenda: Jambore Ranting Tengaran 2023
Reporter: Tim Redaksi

 

UNGARAN, derapguru.com – Jambore Ranting Tengaran (Jamran Tengaran) Tahun 2023 yang digelar di Bumi Perkemahan Senjoyo Tegal Waton Tengaran diikuti 1161 siswa. Lebih dari seribu siswa tersebut  berasal dari 51 gugus depan mulai jenjang SD/MI sampai SMP di wilayah Tengaran Kabupaten Semarang, mulai 25—27 Agustus 2023.

“Setelah lima tahun absen Jambore Ranting, tahun ini melibatkan sedikitnya 1.161 anak didik dari 51 Gugus depan SD MI, tujuh Gugus Depan SMP/ MTS  se-Kecamatan Tengaran,” tutur KaKwarran Tengaran, Kak Eko Lesmono, dalam rilis yang dikirimkan ke derapguru.com.

Eko Lesmono menuturkan bahwa kegiatan Jambore Ranting di tingkat Kecamatan Tengaran ini merupakan bagian dari Peringatan Hari Pramuka yang ke-62. Kegiatan jambore yang mengambil tema Edukatif, Kreatif, Sigap, Inovatif, Senang, Eksis ini menjadi kegiatan jambore pertama setelah 5 tahun terkendala Covid-19.

“Semua  kegiatan di kemas menyenangkan, ini bagian dari pesan moral. Sehingga senantiasa menguatkan karakter, inovatif, kreatif juga kemandirian dalam suasana yang menyenangkan,” urainya.

Lebih lanjut Eko Lesmono menuturkan, beberapa kegiatan yang dilakukan dalam jambore antara lain melatih keterampilan dasar baris-berbaris dan mencari jejak. Selain itu, diberikan pul;a pelatihan bagaimana cara memadamkan api dan menjinakkan ular berbisa.

“Para anak didik juga diajarkan ilmu alam salah satunya tidak merusak tanaman, selalu menghemat air karena memasukkan musim kemarau, menjaga kebersihan, serta tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply