Home > D’PGRI > Diusulkan Sebelum Tanggal 10, Bulan Depan Cair

Diusulkan Sebelum Tanggal 10, Bulan Depan Cair

Agenda: Sosialisasi Perjuangan dan Dana Pensiun
Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com – PGRI Jawa Tengah dikenal sebagai organisasi dengan manajemen pengelolaan yang sangat baik. Termasuk dalam pengelolaan Daspen PGRI. Begitu luar biasanya pengelolaan daspen, maka pengajuan dana pensiun sebelum tanggal 10, bulan berikutnya dipastikan langsung cair.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua PGRI Jateng yang juga Ketua Daspen PGRI Jateng, H Sakbani SPd MH, dalam acara “Sosialisasi Perjuangan Organisasi dan Daspen PGRI Jateng” yang digelar PGRI Kota Semarang di Wisma P4G Kampus 2 Universitas PGRI Semarang, Selasa 18 Juli 2023.

“Kalau diajukannya sebelum tanggal 10, bulan berikutnya dapat dipastikan cair,” tandas H Sakbani disambut dengan tepuk tangan meriah.

H Sakbani menuturkan, pengelolaan Daspen ini tidaklah mudah. Begitu sulitnya sampai-sampai semua organisasi PGRI di Indonesia tidak ada yang memiliki Daspen. Beberapa yang mencoba belajar dengan PGRI Jateng pun pada akhirnya tidak berhasil melanjutkan.

“Daspen ini pembentukannya bersamaan dengan pembentukan Dansos. Daspen digunakan untuk santunan guru dan tenaga pendidikan yang pensiun. Sedangkan Dansos digunakan untuk guru dan tenaga pendidikan yang meninggal dunia sebelum pensiun. Badan ini dibentuk pada masa kepemimpinan Bapak Karseno. Dibentuk pada tahun 1985 dan beroperasi tahun 1986,” tutur H Sakbani.

Lebih lanjut H Sakbani menuturkan pengelolaan Dana Pensiun ini pernah mengalami pasang surut. Kondisi paling berat terjadi pada beberapa tahun lalu saat pemerintah lama tidak mengangkat guru, tapi guru yang pensiun jumlahnya naik pesat. Junlah gurunya tetap, tapi yang pensiun banyak.

“Karena pengelolaan yang baik, meski neraca keuangan sempat memburuk, tapi semua akhirnya dapat ditangani secara baik. Dalam dua tahun teakhir ada peningkatan cukup signifikan dalam pengelolaan daspen,” tutur H Sakbani.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PGRI Jateng Dr Muhdi SH MHum, Ketua PGRI Kota Semarang Dr Nur Khoiri, Kominfo PGRI Jateng Dr Agus Wismanto, Ketua PGRI Cabang Khusus UPGRIS Dr Joko Siswanto, dan segenap anggota dan pengurus PGRI Kota Semarang. (za)

You may also like
Dr Muhdi Mencoblos di TPS 84 Tlogosari Kulon
PGRI Jateng-UPGRIS Kirim Bantuan Senilai 270 Juta Untuk Banjir Demak-Grobogan
Ketua YMSI: Kita Butuh Dekengan Pusat
Bukan ASN PPPK, Target PGRI Jadikan Honorer Guru dan Tendik Jadi ASN PNS

Leave a Reply