Home > D’Pop > Daerah > Coaching Clinic, Strategis Lolos Seleksi Guru Penggerak

Coaching Clinic, Strategis Lolos Seleksi Guru Penggerak

PATIKRAJA BANYUMAS

BANYUMAS, derapguru.com – Korwilcam Patikraja Banyumas bekerjasama dengan K3S dan PGRI Cabang Patikraja, menggelar acara coaching clinic untuk men-support guru di wilayahnya lolos seleksi guru penggerak.
Kegiatan yang dipusatkan di SD Negeri 1 Patikraja, Sabtu 7 Januari 2023, diikuti oleh 54 guru di Korwilcam Patikraja Banyumas. Pengisi acara adalah para guru yang telah lolos dan mendapatkan sertifikat sebagai guru penggerak.
Koordinator Korwilcam Dindik Patikraja, Sukirman MPd, dalam sambutannya meminta para guru untuk serius mengikuti kegiatan agar lolos menjadi guru penggerak. Sukirman juga mengingatkan arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs Joko Wiyono MSi, supaya semua guru ikut program Pendidikan Guru Penggerak.
“Seperti arahan Pak Jokowi (Joko Wiyono, red), semua guru yang memenuhi persyaratan wajib mendaftar. Jangan diam saja tidak mau bergerak dan meningkatkan kompetensi,” ungkapnya.
Sukirman juga menambahkan, seorang guru harus menjadi guru yang sesungguhnya, bukan guru jadi-jadian. Sebagai guru menurutnya harus adaptif dan “tidak panikan”.
“Kalau sudah jadi guru, jadilah guru yang sesungguhnya. Jangan jadi guru jadi-jadian. Guru ya harus adaptif terhadap segala bentuk perubahan, ‘aja panikan, aja kagetan’,” tutur Sukirman menyemangati para peserta.
Anita Wardani, Anis Septiani, dan Retno Isna, guru penggerak dari Patikraja ikut berbagi pengalamannya saat mendaftar seleksi calon guru penggerak. Menurut Anita Wardani, kunci sukses adalah optimisme dan kesungguhan untuk menyelesaikan setiap tahapan pendaftaran.
“Kunci sukses adalah optimis dan sungguh-sungguh saat melengkapi berkas dan tahapan pendaftaran. Yakin bapak/ibu pasti bisa,” ungkap Anita Wardani.
Tutur hdir dalam kegiatan tersebut, beberapa guru penggerak dari Korwilcam Ajibarang Banyumas. Yusep Kurniawan, salah satu Guru Penggerak dari Korwilcam Ajibarang berpesan supaya para calon guru penggerak memiliki niat yang kuat, fokus, dan optimis.
“Melalui niat yang kuat, fokus, dan optimis, pasti akan sukses. Kuota angkatan 9 dan 10 besar, jangan lewatkan kesempatan yang baik ini,” ungkap Yusep. (Ardani Kurniawan/za)

Leave a Reply