Home > D’PGRI > Berhenti Belajar, Pasti Jadi Pemilik Masa Lalu

Berhenti Belajar, Pasti Jadi Pemilik Masa Lalu

KETUA PGRI KENDAL

KENDAL, derapguru.com – Belajar harus dilakukan secara terus-menerus. Tidak boleh berhenti. Sebab bila seseorang memilih berhenti belajar, dia pasti akan menjadi pemiliki masa lalu. Sedangkan, mereka yang terus-menerus belajar akan menjadi pemilik masa depan.
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PGRI Kabupaten Kendal, Supoyo SPd MSi, saat memberikan sambutan dalam acara “Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK PGRI 01 Sukorejo Kendal”, Kamis siang 26 Januari 2023.
“Masa lalu itu hanya kenangan, sesuatu yang sudah lewat. Sedangkan masa depan itu sesuatu yang akan kita hadapi, sesuatu yang akan kita raih. Mereka yang berhenti belajar, pasti jadi pemilik masa lalu,” tutur Supoyo.
Supoyo juga menekankan, apabila seseorang dihadapkan pada pilihan antara memilih harta dan ilmu, sebaiknya orang tersebut mengutamakan memilih ilmu terlebih dahulu. Harta memang penting, tapi derajat ilmu lebih penting, karena derajat harta dan ilmu lebih tinggi ilmu.
“Sopo sing ngomong harta ora penting, harta juga penting, tapi ilmu jauh lebih penting. Kedudukan ilmu lebih tinggi daripada harta. Maka utamakanlah ilmu,” tutur Supoyo.
Lebih lanjut Supoyo menuturkan, bila seseorang telah komplit ilmunya, sudah tinggi dan mumpuni, ilmulah yang akan menjaga kehidupannya. Ilmu akan membuatnya hidup sejahtera, mendapatkan nikmat hidup di dunia dan akhirat.
“Tapi kalau harta yang kita utamakan, bukannya harta akan yang akan menjaga kita, tapi kitalah yang akan sibuk menjaga harta. Arep diumpetke nang ndi yo, di sana nanti dimaling wong, di situ dipangan rayap,” urai Supoyo.
Supoyo juga mengingatkan, supaya para siswa jangan berhenti menuntut ilmu. Setelah luluh sekolah, harus terus melanjutkan di bangku perkuliahan. (za)

You may also like
Saestu Kirangan Toya, Ampun Damel Adus Njih

Leave a Reply