Home > Business > BBPPMPV Bispar Jalin Kerjasama Dengan Viva Cosmetics

BBPPMPV Bispar Jalin Kerjasama Dengan Viva Cosmetics

Agenda: BBPPMPV Bispar Kerjasama Viva Cosmetics
Reporter: Tim Redaksi

 

DEPOK, derapguru.com — Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata (Bispar), baru-baru ini, menandatanganu perjanjian kerjasama dengan PT Vitapharm (Viva Cosmetics). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala BBPPMPV Bispar, Sabli, dan Wakil Direktur PT Vitapharm, Hermin Harsono, di Kantor BBPPMPV Bispar Depok Jawa Barat.

Dalam sambutannya Sabli mengungkapkan, kemitraan dengan industri ini mengacu pada peta jalan pendidikan vokasi yang pertama, yaitu mewujudkan link and match. Ada beberapa hal yang disepakati oleh kedua belah pihak dalam kerjasama ini. Pertama, penyelarasan kurikulum satuan pendidikan vokasi bidang tata kecantikan kulit dengan kebutuhan industri Viva Cosmetics.

“Kedua, program kerjasama dalam peningkatan kompetensi widyaiswara tata kecantikan berkolaborasi dengan Viva Cosmetics dan kerjasama pelaksanaan magang di PT Vitapharm bagi satuan pendidikan vokasi bidang tata kecantikan,” tandas Sabli.

Lebih lanjut, Sabli menuturkan bahwa tugas dan fungsi BBPPMPV Bispar sebagai pengampu program keahlian kecantikan bagi SMK jurusan kecantikan di Indonesia. Maka dari itu, menggaet industri kecantikan ternama seperti PT Vitapharm adalah salah satu cara untuk mendorong pendidikan vokasi bidang kecantikan.

“Dalam proses peningkatan mutu, BBPPMPV Bispar pun melaksanakan program Pelatihan Upskilling dan Reskilling Berstandar Industri mulai dari pelatihan teknis, pembekalan industri, magang industri, sertifikasi dan penyelarasan kurikulum sebagai tindak lanjut dari pembelajaran berbasis proyek peserta,” ungkapnya.

Selain itu, Sabli mendorong PT Vitapharm untuk membuka kelas industri bagi SMK. Dengan demikian, peserta dari kelas industri tersebut dapat menjadi calon karyawan PT Vitapharm di masa depan karena kompetensinya sesuai dengan kebutuhan PT Vitapharm.

”Sehingga jika ada perekrutan karyawan baru tidak perlu dilatih lagi, sudah siap kerja tentunya. Hal itu dikarenakan  proses ”mencetaknya” bersama, antara sekolah dengan para praktisi dari industri,” ujar Sabli.

Di sisi industri, PT Vitapharm juga menyambut baik kolaborasi ini. Hermin menjelaskan bahwa perusahaan kecantikan yang sudah puluhan tahun itu pun memiliki Viva Beauty Center.

“Viva Beauty Center dapat menerima siswa maupun guru yang ingin mengikuti magang di bidang perawatan dan kecantikan. Salon kecantikan tersebut pun tersebar di beberapa daerah yaitu Surabaya, Semarang, dan Bekasi,” tutur Hermin. (vok/za)

You may also like
PGRI Temanggung: Diminta Tak Diminta PGRI Harus Hadir
Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif
Dunia Pendidikan Harus Cepat Beradaptasi
Rektor UPGRIS: Pendidikan Tinggi Adalah Ujung Tombak

Leave a Reply