Home > Populer > Viral, Kisah Mahasiswi Nyambi Pemulung

Viral, Kisah Mahasiswi Nyambi Pemulung

ARDIAH

MAJENE, derapguru.com — Seorang mahasiswi viral karena memulung selepas kuliah. Sosok mahasiswi itu bernama Ardiah. Ia berkuliah di STIKES Bina Bangsa Majene, Sulawesi Barat, jurusan Kesehatan Masyarakat.

Ardiah viral di Tiktok setelah akun @_agustusan_99 mengunggah aktivitasnya saat memulung sampah. Selain untuk mengumpulkan uang, ada tujuan mulia yang menyertai.

“Memulung sampah plastik adalah bagian dari misi menyelamatkan Bumi dari sampah,” tutur perempuan asal Kalimantan yang menetap di Sulawesi tersebut.

Ardiah tinggal seorang diri di Sulawesi. Kakak-kakaknya tinggal di Kalimantan sedangkan orang tuanya telah meninggal dunia. Sebelum berkuliah, Ardiah memulai kariernya dengan bekerja selepas lulus dari SMK. Ardiah bekerja di salah satu perusahaan yang menurutnya memberikan gaji cukup dan cuti.

Kendati demikian, kemewahan itu ia korbankan demi merawat ibunya yang sakit. Dia memilih berhenti bekerja demi merawat ibunya yang sakit.

“Karena saya sendiri belum terlalu sibuk, cuma sibuk kerja jadi saya waktu itu diminta sama saudara-saudara untuk menjaga penuh ibu saya di rumah sakit,” ungkap Ardiah.

Kala itu hanya dia dari tiga bersaudara yang belum berkeluarga sehingga ia diminta untuk mengasuh ibunya, sedangkan kakak-kakaknya membiayai rumah sakit.

“Saya sempat mikir, misalnya saya enggak ada waktu buat ibu saya, mungkin ini terakhir kalinya. Akhirnya saya mengundurkan diri,” ujarnya.

Saat merawat ibunya sampai akhirnya meninggal inilah titik balik kehidupannya terjadi. Kehilangan ibu, hidup tanpa pekerjaan, sendiri bertahan hidup, membuat dia nyaris mengakhiri hidup.

Kendati demikian, Ardiah akhirnya memilih untuk bertahan hidup. Percuma mengeluh. Dia hanya perlu hidup dan merencanakan bagaimana menjalaninya. Salah satunya adalah dengan memilih menempuh kuliah. Meski biayanya harus dari memulung sampah. (za)

Leave a Reply