Home > BERITA > Tahun Ini, 13.034 Guru PAI Ikuti PPG

Tahun Ini, 13.034 Guru PAI Ikuti PPG

JAKARTA, derapguru.com — Sebanyak 13.034 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Mereka nantinya akan disebar di 48 Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia Nasional PPG Kementerian Agama, Ahmad Zainul Hamdi, pada kegiatan Konsinyering Pemutakhiran Data TPG/PPG 2024 di Bintaro, Jumat 21 Juni 2024.

“Sebanyak 13.034 Guru PAI pada Sekolah Umum ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan mengikuti PPG dengan skema pembiayaan dari Pemerintah Daerah,” tutur Hamdi.

Hamdi menambahkan, para pengelola LPTK agar memanfaatkan anggaran dari Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) dengan sebaik-baiknya dan secara transparan dan akuntable.

“Saya meminta kepada LPTK, para Dekan dan Kaprodi penyelenggara PPG agar memanfaatkan dan mengelola anggaran PPG dari Pemda ini secara transparan dan akuntable,” ungkapnya.

Hamdi juga menyampaikan bahwa panitia nasional PPG sudah menyiapkan draft jadwal PPG 2024 yang akan dirilis minggu depan beserta petunjuk teknis PPG Dalam Jabatan 2024.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Nasional PPG dan sekaligus Direktur Pendidikan Agama Islam, M Munir, menerangkan adanya sejumlah komponen baru pada evaluasi PPG di LMS (Learning Management System).

“Ada sejumlah komponen baru pada evaluasi di LMS yang musti semua operator PPG ketahui. Penambahan ini merupakan langkah perbaikan dalam rangka penilaian PPG,” ujar M. Munir.

Munir juga menyampaikan bahwa PPG GPAI tahun ini dibagi menjadi dua batch (Angkatan). Batch I akan dimulai akhir bulan Juni, untuk Lapor Diri ke LPTK pada akhir Juni dan pendalaman materi dimulai awal Juli. Batch I akan berakhir di awal November. Untuk Batch II dimulai awal Agustus, Pendalaman Materi di pertengahan Agustus dan Bacth II berakhir di pertengahan Desember.

Dengan akan dimulainya PPG GPAI, M. Munir meminta kepada seluruh Kepala Bidang PAIS/Pakis/Pendis di Kanwil Kemenag Provinsi untuk menginformasikan ke guru-guru PAI di wilayah kerja Kepala Bidang terkait dengan nama-nama peserta PPG PAI Batch I Tahun 2024, serta penetapan LPTK-nya. (za)

You may also like
Guru Honorer DKI Jakarta “Dihapus”, Begini Alasan Disdik
Ketua PGRI Jateng Minta Penuntasan Masalah PPPK dan Honorer Diprioritaskan
PGRI Jawa Tengah dan Kepemimpinan Yang Iconic
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS

Leave a Reply