Home > D’Pop > Daerah > SMK Nusantara 1 Comal Produksi Spare Part

SMK Nusantara 1 Comal Produksi Spare Part

SMK 1 Pemalang

PEMALANG, derapguru.com — Tidak hanya industri besar yang bisa membuat spare-part. Siswa SMK juga bisa, misalnya SMK Nusantara 1 Comal Pemalang.

Sekolah yang berada di Jawa Tengah tersebut merupakan salah satu sekolah penerima program SMK Pusat Keunggulan (PK) pada tahun 2021 dengan kompetensi unggulannya yakni Jurusan Teknik Pemesinan.

Kepala SMK Nusantara 1 Comal, Lutfi Kamal, menceritakan terkait pelaksanaan program SMK PK di sekolah yang memberikan efek yang besar. Tidak hanya fasilitas dan sarana pendukungnya, siswa juga terlatih langsung dengan  bidang keahlian yang ditetapkan sekolah yang salah satunya adalah produksi spare part.

“Kami berharap ke depannya SMK Nusantara 1 Comal akan terus mengembangkan inovasi yang lain, menambah ragam produk baru sehingga SMK Nusantara 1 Comal bisa memenuhi kebutuhan industri,” tutur Lutfi.

Lebih lanjut, Lutfi menuturkan, produk-produk yang dihasilkan ini dibuat oleh siswa SMK Nusantara 1 Comal, pembuatan dilakukan di sekolah dan memakan waktu yang bervariasi tergantung jenis produk dan tingkat kerumitannya.   Part-part tersebut kemudian telah dijual untuk umum dengan harga yang bervariasi.

“Banyak juga perusahaan yang telah memesan part-part buatan SMK Nusantara 1 Comal. Hasil penjualan dari produk ini diolah oleh sekolah sebagai kegiatan Tefa,” urai Lutfi.

Luar biasa program ini, lanjut Lufti, sekolah bisa merasakan manfaatnya dari segi fisik dan nonfisiknya, ada guru tamu, siswa dan guru juga bisa magang di industri. Semua itu mendukung pengembangan sekolah dan membuat sekolah bisa mengatur akselerasi dengan dunia industri. (vo/za)

You may also like
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024
Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya
Kirim WA Gambar Porno Termasuk Pelecehan Seksual

Leave a Reply