Home > BERITA > Ada Perubahan Skala Penilaian pada Rapor Pendidikan Versi Terbaru

Ada Perubahan Skala Penilaian pada Rapor Pendidikan Versi Terbaru

rapor pendidikan

JAKARTA, derapguru.com — Kemendikbudristek baru saja memperbarui platform Rapor Pendidikan. Terdapat perubahan terkait skala penilaian dalam versi terbaru. Skor yang dulunya 1-3, kini diubah menjadi 0-100.

“Kalau dulu skor skalanya 1-3. Sekarang kita buat 0-100,” urai Plt Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan BSKAP Kemendikbudristek, Irsyad Zamjani, melalui YouTube PSKP Kemdikbud, Senin 17 April 2023.

Irsyad meyakini skala nilai terbaru ini lebih intuitif dan lebih bisa diterima karena guru terbiasa dengan skala 0-100. Selain ini, Irsyad juga menyebut bahwa sekolah bakal lebih memahami kekuatan atau kelemahan aspek-aspek yang akan diberi penilaian.

“Kemudian juga nanti ini bisa diunduh. Jadi, laporannya bisa lebih baik diterima, termasuk mendapatkan rekomendasi perbaikannya,” jelas dia.

Irsyad berharap Rapor Pendidikan versi terbaru akan lebih efektif sehingga guru, kepala sekolah, Pemda, Pemerintah Pusat, hingga Dinas Pendidikan semakin sadar pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Semoga ini semakin mengorientasikan semua kebijakan kita untuk meningkatkan kualitas pebelajaran yang indikatornya karakter dan kompetensi siswa yang dikembangkan melalui lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menantang,” tutur dia. (za)

You may also like
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024
Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya
Kirim WA Gambar Porno Termasuk Pelecehan Seksual

Leave a Reply