Home > D’Pop > Daerah > SMK Negeri 1 Plupuh Gelar Plupuh Batik Carnival

SMK Negeri 1 Plupuh Gelar Plupuh Batik Carnival

Agenda: SMKN 1 Plupuh Sragen

Reporter: Tim Redaksi

                   

SRAGEN, derapguru.com — Berbagai motif Batik buatan warga Plupuh ditampilkan dalam acara Plupuh Batik Carnival, yang diikuti peserta dari TK, SD, SMP, SMA, SMK se-kecamatan Plupuh, di Lapangan Widoro Sakti Desa Sambirejo Plupuh Sragen, Kamis Oktober 2023.

Kepala SMKN 1 Plupuh, Sri Eka Lelana mengatakan bahwa kegiatan karnaval Batik tingkat pelajar se-kecamatan Plupuh pertamakali diadakan. Karnaval yang menampilkan berbagai karya baju batik daur ulang ini digelar dalam rangka Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK Negeri 1 Plupuh, Sragen.

“Selain karnaval, rangkaian Plupuh Batik Carnival sebelumnya juga digelar Men of Batik yang diikuti pelajar pria serta bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pentas seni,” tutur Sri Eka Lelana.

Sri Eka Lelana menambahkan, karnaval merupakan puncak dari kegiatan Plupuh Batik Carnival dalam rangka memperingati Hari Batik dan menyambut Hari Sumpah Pemuda. Dalam acara ini, turut berpartisipasi sebanyak 40 kontingen sekolah yang diberikan kebebasan menampilkan desain atau motif batik dari bahan daur ulang.

“Di Plupuh ada potensi besar, yakni kerajinan batik yang bisa digarap. Kami ingin mengenalkan bahwa batik Plupuh juga tidak kalah bagusnya sebagai ikon batik Sragen lainnya. Bahkan sentra produksi batik di plupuh berada di wilayah Pungsari sudah sangat terkenal sejak dulu bahkan sudah memiliki pasar tersendiri, para pengusaha batik omsetnya sudah sangat besar,” jelasnya. (za)

You may also like
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gelar Pelatihan Quilling Paper

Leave a Reply