Home > D’PGRI > Sistem Kaderisasi Harus Dapat Membentuk Militansi

Sistem Kaderisasi Harus Dapat Membentuk Militansi

Agenda: Rakor Biro dan Bidang PGRI se-Jateng
Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com – Sistem kaderisasi keanggotaan yang baik sudah tidak lagi cukup bagi organisasi PGRI. Dibutuhkan sistem kaderisasi yang mampu membentuk militansi kader terhadap organisasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kaderisasi Organisasi PGRI Jateng, Drs Sardju Maheri MPd, dalam “Rapat Koordinasi Biro, Bidang, dan Seksi PGRI Se-Jawa Tengah” yang digelar secara virtual, Rabu 12 Juli 2023.

“Sistem keanggotaan dan rekrutmen anggota semakin baik, meningkat, dan berkualitas. Di sisi lain, tidak cukup hanya sistem atau sistem rekrutment yang semakin baik dan sukses, tapi (sistem) harus bisa (menciptakan kader) militan,” urai Sardju Maheri.

Lebih lanjut Sardju Maheri menuturkan, PGRI akan kuat bila organisasi disangga oleh dua pilar utama, yakni kultur dan struktur yang kuat. Secara kultural anggota harus memiliki kesadaran yang sama (common sense) dan prilaku yang sama (common behavior) yang dibingkai dengan dasar keyakinan, prinsip, nilai dan tujuan, serta visi bersama.

“Sedangkan secara struktural, PGRI dibingkai oleh sistem kepengurusan yang demokratis, adil, bermanfaat, dan menjamin kepastian,” tandas Sardju Maheri.

Sardju Maheri menambahkan, untuk dapat memahami menyatukan hati dengan organisasi, setiap kader harus tahu kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh organisasi. Salah satunya memahami beberapa keputusan penting dalam kongres terakhir yang digelar organisasi.

“Ada beberapa keputusan penting organisasi dalam Kongres XXII PGRI Jateng beberapa waktu sebelumnya, yakni penguatan profesi dan pengakuan organisasi profesi, peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anggota, peningkatan sistem keanggotaan dan rekrutmen anggota baru, pengelolaan sistem keungan dan akuntabilitas tata kelola iuran, serta kaderisasi kepemimpinan dan peningkatan kinerja pengurus,” tutur Sardju Maheri.

Selain itu, Sarju Maheri juga menambahkan beberapa hasil lainnya seperti konsolidasi dan efektivitas forum organisasi, peningkatan kerja sama dan pengembanganj usaha, penataan dan penguatan lembaga pendidikan PGRI, penataan dan penguatan lembaga pendidikan PGRI, penataan perkantoran dan peraturan organisasi, serta penataan dan pengembangan perangkat kelengkapan organisasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PGRI Jateng Dr Muhdi SH MHum, Wakil Ketua PGRI Jateng Dr Bunyamin MPd, Sekretaris Umum PGRI Jateng Drs Aris Munandar MPd, Kominfo PGRI Jateng Dr Agus Wismanto, Ketua PSLCC PGRI Jateng Dr Saptono Nugrohadi MPd, dan segenap anggota, pengurus, kepala biro, kepala bidang PGRI se-Jawa Tengah. (za)

You may also like
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang
Bagas – Tasyfa, Mahasiswa Baru Yang Sabet Gelar Pupika UPGRIS 2024
Pendanaan Non-UKT Akan Jadi Indikator Kinerja PTNBH
Ari Widyaningrum, Dosen Bersuara Merdu UPGRIS Berpulang

Leave a Reply