Home > Populer > Sekolah Harus Bangun ‘School Well-Being’

Sekolah Harus Bangun ‘School Well-Being’

Agenda: PPG UPGRIS
Reporter: Tim Redaksi

SEMARANG, derapguru.com – Sekolah-sekolah harus terus bertransformasi mengikuti tuntutan perkembangan zaman. Selain peka teknologi, pada masa kini sekolah juga harus dibangun dengan konsep “school well-being’.

Pandangan tersebut disampaikan Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr Aryo Andri Nugroho, saat menguraikan bentuk-bentuk sekolah kekinian yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat.

School Well-Being adalah sekolah yang dirancang untuk menciptakan situasi individu yang bahagia, puas, tingkat stres yang rendah, sehat secara fisik dan mental, serta memiliki kualitas hidup yang baik,” urai Dr Aryo.

Lebih lanjut Dr Aryo menuturkan, setiap sekolah yang menerapkan konsep school well being akan menjadi sekolah yang diminati dan dicintai peserta didik. Dalam bersekolah, peserta didik juga akan merasa nyaman dan tenteram. Ini tentu saja sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka supaya sekolah-sekolah dirancang menjadi sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

“Sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan membuat para siswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan pada akhirnya akan dapat memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi nusa dan bangsa,” urai Dr Aryo.

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, lanjut Aryo, fungsi Pendidikan Nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Leave a Reply