Home > Populer > PKDP Jadi Tiket Sertifikasi Dosen PTKI

PKDP Jadi Tiket Sertifikasi Dosen PTKI

Agenda: Short Course PKDP PTKIN 2023
Reporter: Tim Redaksi

 

PADANG, derapguru.com — Ditjen Pendidikan Islam Kemenag tengah menggelar Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) di berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ruchman Basori, mengingatkan bahwa kelulusan PKDP sangat penting, karena menjadi tiket mengikuti sertifikasi dosen.

“Lulus PKDP menjadi tiket mengikuti sertifikasi dosen PTKI. Penguasaan kompetensi pedagogis yang menjadi target utama, moderasi beragama, penulisan karya ilmiah dan pemahaman akan karir dan jabatan dosen harus dikuasai dengan baik,” terang Ruchman sebagaiman dilansir laman resmi kemenag, Rabu 30 Agustus 2023.

Ruchman Basori menambahkan, PKDP adalah salah satu program BIB Kemenag katagori non-gelar. Program ini dibiayai dengan anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Pada tahun 2022 tidak kurang dari 1.700 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) mengikuti PKDP.

Tahun ini, jumlahnya meningkat menjadi 2.500 orang yang tersebar di 19 Perguruan Tinggi Penyelenggara PKDP.

Ruchman Basori menyadari tidak semua dosen mempunyai latar belakang ilmu pedagogik yang memadai. Karenanya, PKDP menjadi piranti penting. Kompetensi lain yang diharapkan dikuasai adalah ketrampilan menulis karya ilmiah dan pemahaman akan moderasi beragama.

Ruchman berharap kompetensi dosen semakin meningkat setelah mengikuti short cours, baik yang menyangkut pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan sikap (attitude), sebagai bekal berkarir. (kmg/za)

You may also like
Gayeng Sekali, Ditembak Nyanyi Pak Bani Minta Remidi
Dr Muhdi: 3-4 Agustus Digelar Konverensi Provinsi
PGRI Temanggung: Diminta Tak Diminta PGRI Harus Hadir
Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif

Leave a Reply