Home > D’PGRI > Murid Ke Sekolah Mencari Guru, Bukan Mencari Buku

Murid Ke Sekolah Mencari Guru, Bukan Mencari Buku

Agenda: Pelantikan FPGL PGRI Purworejo
Reporter: Tim Redaksi

 

PURWOREJO, derapguru.com – Tujuan para murid berangkat ke sekolah adalah untuk mencari guru, bukan mencari buku. Oleh karena itu, para guru harus benar-benar memberikan layanan yang baik dalam di dalam kelas.

Hal tersebut disampaikan Ketua PGRI Jateng, Dr H Muhdi SH MHum, saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan Forum Pena Guru Literasi (FPGL) PGRI Purworejo, yang dipusatkan di Gedung Guru PGRI Purworejo, Selasa 26 September 2023.

“Murid ke sekolah itu mencari guru, bukan mencari buku. Kalau mencari buku tidak perlu ke sekolah, cukup ke toko buku. Guru itu menjadi faktor penting bagi sekolah. Bahkan murid menjadi cinta pada salah satu pelajaran itu juga karena guru yang mengajar pelajaran itu,” tandas Dr Muhdi.

Dr Muhdi menambahkan, meskipun teknologi semakin berkembang, guru akan tetap dibutuhkan sampai kapanpun. Kendati demikian, Dr Muhdi juga mengingatkan, guru-guru yang dibutuhkan di masa mendatang adalah guru-guru yang memiliki keterampilan-keterampilan tertentu.

“Maka saya senang sekali melihat guru-guru yang pandai menulis dan bergabung dalam FPGL ini. Apalagi yang hadir di sini masih muda-muda, masih panjang masanya (untuk menjadi guru, red),” tutur Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi berharap, para guru senantiasa mengingat potensi dan resiko bonus demografi pada tahun 2045 mendatang. Bonus demografi—berupa jumlah pemuda terbanyak di dunia—bila dapat dikelola secara baik akan menjadi sumberdaya luar biasa untuk mengangkat Indonesia menjadi negara besar di masa mendatang.

“Sebaliknya, bila kita gagal mengelola, ini bisa menjadi msalah luar biasa bagi bangsa kita,” tandas Dr Muhdi.

Sementara itu, acara pengukuhan sendiri dilakukan oleh Ketua APKS PGRI Jateng Agung Purwoko MPd disaksikan oleh Ketua FPGL PGRI Provinsi Jateng, Kuncoro Puji Raharjo. Agung Purwoko berharap para pengurus yang telah dikukuhkan akan dapat banyak berbicara dalam forum tingkat provinsi, atau bahkan di tingkat nasional.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Purworejo Kelik Susilo Ardani, Ketua APKS PGRI Jateng Drs Agung Purwoko MPd, Ketua FPGL PGRI Jateng Kuncoro Puji Raharjo MPd, Kabid PAUD PNF dan PI Disdikbud Purworejo Dwi Handayani SE MM, Ketua PGRI Purworejo Irianto Gunawan, dan segenap Pengurus PGRI Kabupaten Purworejo. (za/wis)

You may also like
PGRI Temanggung: Diminta Tak Diminta PGRI Harus Hadir
Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif
Dunia Pendidikan Harus Cepat Beradaptasi
Rektor UPGRIS: Pendidikan Tinggi Adalah Ujung Tombak

Leave a Reply