Home > BERITA > Mendikbud Diminta Jangan Sering Mengeluh

Mendikbud Diminta Jangan Sering Mengeluh

Agenda: Kisruh PPDB 2023

Reporter: Tim Redaksi

 

JAKARTA, derapguru.com — Mendikbudristek Nadiem Makarim diminta untuk segera mengambil lankah konkret agar PPDB ke depan bisa berjalan tanpa kegaduhan yang terus berulang. Permintaan tegas tersebut disampaikan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Selasa 1 Agustus 2023.

“Ambil langkah kongkret untuk meningkatkan kualitas PPDB baik pada proses seleksi, proses penerimaan, hingga adaptasi siswa baru dengan lingkungan sekolah,” ujar Syaiful Huda.

Syaiful Huda menuturkan, mengambil langkah konkret jauh lebih baik daripada Nadiem terus mengeluhkan sistem PPDB. Keluhan menjadi sesuatu yang aneh karena dia sendiri adalah menteri yang menganganinya.

“Kalau mau jujur setiap tahun selalu muncul berbagai kasus seputar penerimaan siswa baru. Mas Menteri pun baiknya tak mengeluh,” tutur Huda.

Sebelumnya, Nadiem menyebut PPDB akan terus merepotkannya. Bahkan, dia harus menerima keluhan dari orang tua siswa setiap tahunnya gara-gara program besutan Muhadjir Effendy tersebut.

“Kita kena getahnya setiap tahun karena (PPDB) zonasi,” ujar Nadiem beberapa waktu sebelumnya dalam acara Ngobrol Publik bertajuk Semua Punya Peran Nyata untuk Pendidikan, di Jakarta Pusat, Sabtu 29 Juli 2023.

Nadiem menegaskan PPDB bukan programnya. Melainkan kebijakan yang dilahirkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menjabat sebagai Mendikbud.

“Itu kebijakan sebelumnya, Pak Muhadjir. Tapi itu kita sebagai satu tim merasa ini adalah suatu kebijakan yang sangat penting,” jelas Nadiem. (med/za)

You may also like
PGRI Temanggung: Diminta Tak Diminta PGRI Harus Hadir
Kampus Harus Hasilkan Lulusan Kompetitif
Dunia Pendidikan Harus Cepat Beradaptasi
Rektor UPGRIS: Pendidikan Tinggi Adalah Ujung Tombak

Leave a Reply