Home > D’Pop > Daerah > MAN 1 Kudus Raih Juara III Dalam KIMVETNAS 2023

MAN 1 Kudus Raih Juara III Dalam KIMVETNAS 2023

Agenda: KIMVETNAS 2023
Reporter: Tim Redaksi

 

KUDUS, derapguru.com — MAN 1 Kudus berhasil meraih juara III Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa dan Siswa Veteriner Nasional (KIMVETNAS) Tahun 2023. Kompetisi yang digelar oleh Fakultas Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta tersebut mengambil tema “One Food for One Health: The Role of Gen Z in Realizing Good Food Security to Improve Human-Animal Health”.

KIMVETNAS 2023 merupakan ajang bergengsi yang diselengarakan oleh Fakultas Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta. Dalam ajang ini Tim riset MAN 1 Kudus yang terdiri atas Faza Ilya Muzdalifa, Sasta Nayma Tsabita, dan Aulia Putri Azzahra berhasil memikat dengan riset berjudul “I-DRISH: Sistem Pengering dan Pendegradasi Logam Berat pada Ikan Asin dengan Fotokatalis TiO2 Berbasis Internet of Things”.

Ketua Tim Riset, Faza Ilya Muzdalifa, menuturkan penelitian yang dilakukan mengangkat pengembangan sistem inovatif untuk mengatasi masalah kontaminasi logam berat pada ikan asin. Dalam melakukan riset ini, mereka bekerja di bawah bimbingan dua orang guru bernama Arif Noor Adiyanto SPd dan Ahmad Edi Darmawan SSi.

“I-DRISH dirancang menggunakan NodeMCU ESP8266, sensor DHT 11, heater, kipas DC 12 V, relay, lampu UV serta plat kaca terlapisi TiO2,” terang Faza sebagaimana dilansir dalam lama,,resmi kemenag, Selasa 10 September 2023.

Lebih lanjut Faza menuturkan, hasil pengujian sistem alat menunjukkan alat terbukti dapat digunakan sebagai solusi pengawetan ikan asin dan penurunan kadar logam berat pada ikan asin secara efektif. Untuk bisa memenangkan kompetisi, timnya harus berjuang keras untuk menyakinkan para juri pada sesi presentasi dari hasil riset yang meraka lakukan.

“Kompetisi ini diikuti 15 tim dari SMA/MA se-Indonesia. Seluruh peserta mengikuti proses uji presentasi dan tanya jawab di hadapan dewan juri,” tandas Faza.

Kepala MAN 1 Kudus, Taufik, bersyukur atas prestasi siswanya. Taufik terus memberikan motivasi kepada mereka untuk giat belajar, berlatih, dan berkompetisi secara sehat, sesuai dengan bakat dan minat masing-masing guna menyongsong masa depan yang gemilang. (VSP)

You may also like
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gelar Pelatihan Quilling Paper

Leave a Reply