Home > D’Pop > Daerah > Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas PGRI Semarang Gelar Pelatihan Pembawa Acara untuk PKK Siwalan

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas PGRI Semarang Gelar Pelatihan Pembawa Acara untuk PKK Siwalan

SEMARANG, derapguru.com — Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Universitas PGRI Semarang mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dasar pembawa acara (MC) bagi pengurus PKK Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Acara yang berlangsung pada Selasa, 4 Juni 2024 ini dihadiri oleh 20 anggota PKK Kelurahan Siwalan.

Pelatihan yang digelar dari pukul 10.00 hingga 12.30 WIB tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, mengajarkan teknik presentasi yang efektif, memberikan pemahaman tentang etika dan protokol acara, serta meningkatkan kepercayaan diri peserta. Selain itu, pelatihan ini menyediakan akses ke pembelajaran profesional bagi anggota PKK yang ingin mengembangkan kemampuan sebagai MC.

Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Hanny Nurmalita Anggadewi SIKom, dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang. Dalam sesinya, Hanny memberikan banyak tips praktis.

“Seorang MC harus mampu mengendalikan suasana dan menjaga alur acara. Penting untuk selalu siap dengan skrip dan memahami keseluruhan jalannya acara,” ujarnya.

Hanny juga menekankan pentingnya persiapan mental. “Kepercayaan diri sangat penting. Latihan di depan cermin dan meminta umpan balik dari orang lain bisa sangat membantu,” tambahnya.

Selain itu, peserta diajari cara membuat skrip acara yang efektif dan cara berpenampilan profesional. Antusiasme peserta terlihat jelas, terutama saat mereka mempraktikkan teknik-teknik yang diajarkan. Pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat besar bagi para ibu PKK, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi mereka.

“Kami sangat terbantu dengan pelatihan ini. Sekarang kami lebih percaya diri untuk tampil di depanumum,” kata salah satu peserta.

Tidak hanya bermanfaat bagi peserta, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa PPG untuk meningkatkan kreativitas dan melatih kepemimpinan mereka, yang merupakan bagian dari proyek kepemimpinan dalam kurikulum PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023/2024. Selain itu, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara Universitas PGRI Semarang dengan masyarakat Kelurahan Siwalan.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para anggota PKK dapat lebih percaya diri dan profesional dalam menjalankan berbagai acara komunitas, serta mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan. Keterampilan ini juga diharapkan dapat membantu mereka dalam mengorganisir dan mengkoordinasi berbagai kegiatan, mulai dari pertemuan rutin hingga acara besar, sehingga memperkuat ikatan sosial antar anggota komunitas. (wis/za)

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
DEDE YUSUF
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang

Leave a Reply