Home > Populer > Kemendikbudristek Siapkan Rp750 Miliar untuk Dana Padanan 2024

Kemendikbudristek Siapkan Rp750 Miliar untuk Dana Padanan 2024

PROF NIZAM

Agenda: Dana Padanan 2024

Repoerter: Tim Redaksi

 

JAKARTA, derapguru.com – Kemendikbudristek menyiapkan Dana Padanan 2024 sebanyak 750 miliar rupiah. Dana tersebut digunakan untuk terus mendorong kolaborasi perguruan tinggi dengan industri di bidang riset dan pengembangan usaha. Untuk itu, Kemendikbudristek meminta pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) untuk serius menjalankan program penyelarasan kampus dengan kebutuhan dunia industri ini.

“Kita buat skemanya sesederhana mungkin. Industri punya komitmen Rp1 miliar kita padankan dengan Rp1 miliar. Pokoknya 1:1. Jadi, mohon teman-teman DUDI (dunia usaha dunia industri) jangan basa-basi, ini untuk kepentingan DUDI, bukan untuk kepentingan perguruan tinggi,” kata Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam, dalam Peluncuran Dana Padanan 2024 di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Anggaran Dana Padanan 2024 disiapkan sebesar Rp750 miliar. Nizam berharap proposal riset dan pengembangan antara kampus dan industri kualitasnya meningkat sehingga serapannya bisa optimal. Dia menyebut pada 2024, prosesnya dimajukan agar seleksi dan waktu riset lebih panjang. Selain itu, diharapkan proses pencairan dana juga bisa lebih cepat.

“Tahun sebelumnya kita luncurkan di awal tahun, sehingga proposal yang masuk baru sekitar bulan Maret-April, review Mei. Waktunya pendek jadi enam bulan,” tutur dia.

Plt Sekretaris Jenderal Diktiristek Kemendikbudristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie, mengatakan dalam program Dana Padanan juga wajib melibatkan mahasiswa. Hal tersebut untuk menambah pengalaman belajar mahasiswa.

“Itu kita wajibkan untuk memberikan pengalaman belajar dan agar mahasiswa tahu bagaimana dunia kerja,” ucap dia. (med/za)

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
DEDE YUSUF
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
“Kangsadewa Adu Jago” Mewarnai Gelar Karya P5 SMK PGRI 01 Semarang

Leave a Reply