Home > Populer > Berita Trending 18 Oktober 2023 di Indonesia

Berita Trending 18 Oktober 2023 di Indonesia

Agenda: Berita Trending Hari Ini

Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com – Perubahan minat dalam informasi akan terus terjadi dalam setiap harinya. Informasi mengenai tren apa yang sedang berkembang menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui. Berikut ini adalah urutan informasi paling populer atau informasi yang paling banyak dicari di Indonesia pada hari Rabu 18 Oktober 2023:

1. Pasangan Capres Ganjar Pranowo

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan mengumumkan cawapres Ganjar Pranowo besok (hari ini), Rabu 18 Oktober 2023 pada pukul 10.00 WIB. Sejauh ini kabar menyebut sosok cawapres itu berinisial M. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri, telah menugaskan pengurus pusat partai agar berkoordinasi dengan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden terkait hal itu.

Pada kesempatan itu, Hasto baru saja menggelar pertemuan dengan Megawati bersama Bendahara Umum Olly Dondokambey, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, serta Prananda Prabowo. Hasto enggan mengungkap sosok yang akan diumumkan sebagai cawapres Ganjar besok. Menurut dia, Megawati telah mencermati sosok cawapres Ganjar sejak lama.

“Pokoknya rahasianya bahwa yang dicalonkan itu betul-betul hasil perenungan mendalam dan sesuai tantangan yang dihadapi bangsa kita,” kata dia.

Berita Ganjar menduduki peringkat pertama trending news di Indonesia.

2. Kesuburan Perempuan Malaysia Turun

Segala tentang Malaysia tampaknya menarik bagi bangsa ini. Termasuk informasi merosotnya tingkat kesuburan perempuan Malaysia berdasarkan hasil survei Departemen Statistik Malaysia (DOSM). Dalam laporan terbarunya angka kesuburan perempuan berusia 15-49 tahun di Malaysia pada 2022 berada pada tingkat paling rendah dalam lima dekade terakhir.

Menurut Kepala Statistik Malaysia Mohd Uzir Mahidin di Putrajaya, Selasa 17 Oktober 2023, total tingkat kesuburan (TFR) pada 2022 turun 1,6 anak untuk setiap perempuan berusia 15-49 tahun, dibandingkan 1,7 anak pada  2021. Angka itu paling rendah dalam lima puluh tahun terakhir ini dengan 4,9 anak per perempuan pada 1970.

Dari 1970 hingga 2012, TFR Malaysia di atas tingkat penggantian 2,1 anak yang menunjukkan bahwa rata-rata jumlah anak yang dilahirkan seorang perempuan pada masa suburnya cukup untuk menggantikan dirinya dan pasangannya. Namun TFR, kata Mohd Uzir, kondisi itu menurun di bawah tingkat penggantian sejak 2013 sampai sekarang.

Berita ini menduduki peringkat kedua trending news di Indonesia.

3. Brunei vs Indonesia

Indonesia melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai mengalahkan Brunei Darussalam 6-0 di leg kedua putaran pertama. Hasil ini memastikan Garuda menang agregat 12-0 usai menang 6-0 di leg pertama.

Bermain di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Selasa 17 Oktober 2023, Indonesia unggul 3-0 di babak pertama lewat dua gol Hokky Caraka di menit ke-6 dan 44 serta Egy Maulana Vikri di menit ke-42. Di babak kedua, tim asuhan Shin Tae-yong kembali menambah tiga gol.

Witan Sulaeman (47′), Rizky Ridho (63′), dan Ramadhan Sananta (82′) bergantian menambah gol untuk Indonesia. Dengan hasil ini, Indonesia melaju ke putaran dua akan bergabung dengan Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F. Berita pertandingan Brunei vs Indonesia sempat menduduki peringkat 1 tadi malam, tapi berangsung melemah dan pagi hari ini berada di peringkat 3 trending  news di Indonesia.

 4. Kecelakaan Kereta Api

Kecelakaan kereta api terjadi di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Menurut informasi, kecelakaan melibatkan 2 kereta yaitu KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis, Selasa 17 Oktober 2023. Sebelumnya, Kereta Api Argo Semeru anjlok di kilometer 520 +4 Petak Jalan Sentolo Wates. Tak lama berselang, gerbong anjlog dari kereta tujuan Surabaya-Jakarta tersebut—karena menghalangi lajur sebelah, diserempet oleh KA Argo Wilis dari arah Bandung-Surabaya yang kebetulan lewat.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permintaan maaf atas terjadinya kecelakaan KA Argo Semeru yang anjlok dengan KA Argo Wilis di Kulon Progo Selasa siang pukul 13.15 WIB. Imbas kecelakaan itu sejumlah perjalanan KA yang seharusnya melintasi Stasiun Blitar dialihkan.

“Untuk meminimalisasi dampak keterlambatan pada KA-KA lainnya, KAI melakukan rekayasa pola operasi dengan memutar KA-KA yang seharusnya melalui petak jalan Jogyakarta-Kutoarjo (jalur selatan) melalui petak jalan Semarang (jalur Utara),” kata Deputy VP 7 Daop 7 Madiun, Irene Margareth Konstantine. Berita gerbong anjlog menduduki peringkat 4 trending news pagi hari ini.

 5. Kualifikasi Piala Eropa: Inggris vs Italia

Inggris mencatatkan comeback untuk menang 3-1 atas Italia di Kualifikasi Euro 2024. Harry Kane mencetak dua gol yang memastikan The Three Lions lolos ke putaran final. Inggris menjamu Italia di Wembley, Rabu 18 Oktober 2023 dini hari tadi, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024. Tuan rumah sudah kebobolan saat pertandingan baru berjalan 15 menit.

Italia menyerang cepat dari kiri dan umpan silang Stephan El Shaarawy diterima Davide Frattesi di sisi seberang. Dia meneruskannya ke Giovanni Di Lorenzo, yang lantas menyodorkan bola ke Gianluca Scamacca. Sepakan Scamacca membenamkan bola ke gawang.

Inggris mendapatkan penalti pada menit ke-28 setelah Jude Bellingham dijatuhkan Di Lorenzo. VAR mengonfirmasi keputusan wasit dan Harry Kane menjalankan tugasnya dengan sukses, menyamakan skor buat Inggris. Inggris berbalik unggul pada menit ke-57. Usai memotong serangan Italia, Inggris merangsek lewat Bellingham. Bola diberikannya ke Rashford, yang sepakannya tak kuasa dihentikan Donnarumma.

Inggris makin memperbesar keunggulan pada menit ke-77. Umpan panjang Marc Guehi gagal dihentikan Bastoni sehingga bola dikuasai Kane. Kane menahan tekanan dari Giorgio Scalvini, lalu dengan tenang mengatasi Donnarumma. Sampai peluit berbunyi tidak ada tambahan gol lagi. Berita pertandingan dua raksasa Eropa dini hari tadi menjadi trending news di Indonesia peringkat 5. (za)

 

 

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply