Home > BERITA > Kemendikbudristek Sebut Data Dapodik dan PDDikti Aman

Kemendikbudristek Sebut Data Dapodik dan PDDikti Aman

JAKARTA, derapguru.com — Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dipastikan aman dari ransomeware yang menyerang Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Kepastian tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, Rapat Dengar Pendapat (RDP) Eselon I Kemendikbudristek di Komisi X DPR RI dikutip Rabu, 10 Juli 2024.

“Untuk data Dapodik dan PDDikti, kebetulan datanya ada di dalam data center yang ada di Pusdatin di Ciputat. Jadi, datanya aman,” kata Suharti.

Suharti mengungkapkan saat ini pihaknya masih fokus memulihkan layanan lain yang terserang peretasan. Ia mengatakan sistem yang diretas akan pulih pada akhir Juli 2024.

“Kita berjanji bahwa semua sistem akan pulih pada tanggal 29 Juli,” jelas dia.

Sebelumnya, 49 domain layanan atau aplikasi Kemendikbudristek di bidang pendidikan dan kebudayaan terdampak peretasan.

49 layanan atau aplikasi tersebut belum bisa diakses kembali, sehingga publik pun tak bisa mengakses laman tersebut. Direktur SD Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi, mengungkapkan beberapa layanan tidak bisa diakses, seperti Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), Beasiswa Pendidikan, KIP Kuliah, dan Layanan Perizinan Film.

“Kemendikbudristek terus berkoordinasi intensif dengan Kemenkominfo selaku pengelola PDN 2 untuk menindaklanjuti hal tersebut dan melakukan pemulihan layanan secara bertahap,” kata Hasbi. (med/za)

You may also like
Guru Honorer DKI Jakarta “Dihapus”, Begini Alasan Disdik
Ketua PGRI Jateng Minta Penuntasan Masalah PPPK dan Honorer Diprioritaskan
PGRI Jawa Tengah dan Kepemimpinan Yang Iconic
Dr Muhdi: Apresiasi Untuk Seluruh Pimpinan UPGRIS

Leave a Reply