Home > Populer > Kemendikbudristek: PPG Prajabatan Upaya Penyiapan Guru

Kemendikbudristek: PPG Prajabatan Upaya Penyiapan Guru

Agenda: PPG Prajabatan 2023
Reporter: Tim Reporter

 

JAKARTA, derapguru.com — Kemendikbudristek menyampaikan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi baru guru Indonesia menjadi guru profesional.

Hal tersebut disampaikan Dirjen GTK Kemendikbudristek, Prof Nunuk Suryani, saat dijumpai dalam salah satu acara di Jakarta, Minggu 8 Oktober 2023.

“Guru profesional yang akan dihasilkan oleh PPG Prajabatan adalah guru yang menjadi teladan dalam menjalankan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan mengembangkan lingkungan belajar untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” ujar Prof Nunuk Suryani.

Prof Nunuk Suryani menambahkan, Kurikulum PPG Prajabatan difokuskan pada pengembangan kompetensi calon guru untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Pengembangan kompetensi ini difokuskan pada bagaimana konten diajarkan secara efektif dalam berbagai konteks keragaman siswa dan calon guru dilatih untuk memiliki kebiasaan refleksi diri.

“Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang menjadi bagian dari proses pembelajaran, lanjut dia, dilakukan sejak awal semester dan terkait dengan mata kuliah yang ditempuh pada semester yang berjalan,” tandas Prof Nunuk Suryani.

Lebih lanjut Prof Nunuk Suryani menyampaikan,  PPG Prajabatan juga melibatkan guru penggerak dan praktisi pendidikan dalam proses pelaksanaan pendidikan. Hal ini digunanakan untuk lebih memperkuat kompetensi dari mahasiswa program PPG Prajabatan. (za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply