Home > Business > Kadin Jateng Siapkan 8 Jenis Pendampingan UMKM

Kadin Jateng Siapkan 8 Jenis Pendampingan UMKM

KADIN SHOPEE

SEMARANG, derapguru.com – Kadin Jateng tengah menyiapkan 8 jenis pendampingan untuk menyiapkan pengusaha-pengusaha UMKM yang tangguh. Delapan jenis pendampingan yang diberikan tersebut dimulai dari yang paling mendasar sampai dengan pendampingan-pendampingan yang bersifat kompleks.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengurus Bidang Kewirausahaan, UMKM, dan Koperasi Kadin Jateng, Idris, saat menyampaikan materi dalam acara “Shopee & Kadin Goes to UPGRIS” yang dilangsungkan di Gedung Pascasarjana UPGRIS, Selasa 13 Desember 2022.

“Pendampingan pertama, pendampingan pola pikir kewirausahaan atau pendampingan mindset kewirausahaan. Kedua pendampingan dalam pembuatan perencanaan usaha dengan BMC (Business Model Canvas, red). Ketiga, pendampingan dalam pembuatan konsep pemasaran strategis UMKM,” tutur Idris.

Pendampingan keempat, lanjut Idris, diarahkan pada pendampingan pembuatan strategi pemasaran digital. Pendampingan kelima difokuskan pada bagaimana mengatur strategi peningkatan produktivitas. Keenam diarahkan pada pendampingan dalam menyusun laporan keuangan.

“Ketujuh pendampingan dalam pembuatan profil usaha dan pelengkapan legalitas UMKM. Sedangkan pendampingan paling pungkasan adalah pendampingan dalam memahami prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam usaha dan penerapannya,” tutur Idris.

Ke delapan jenis pendampingan inilah yang ditawarkan Kadin Jateng pada masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan beberapa jenis pendampingan yang dirancang Kadin Jateng untuk mendorong tumbuhnya UMKM di Jawa Tengah.

Selain paparan dari Kadin Jateng, dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Shopee juga memberikan tutorial cara membuka toko di aplikasi belanja online ini. Selain itu pihak Shopee juga menuturkan bila saat ini Shopee sedang membangun hubungan mesra dengan kampus melalui program “Kampus UMKM Shopee”.

Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Jurnal LPPM UPGRIS, Dr Achmad Buchori, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang disiapkan LPPM UPGRIS untuk mendorong lahirnya penguasaha-pengusahaan muda dari lingkungan kampus. (za)

 

You may also like
Dosen UPGRIS Beri Pelatihan Penggunaan AI di LP Ma’arif NU Jepara
Rektor UPGRIS Berdayakan Guru di Batang Jadi Fasilitator Sekolah Ramah Anak
Wisuda UPGRIS, 45 Wisudawan Lulus Tanpa Skripsi
Generasi Saat Ini Akan Hadapi Masalah Yang Belum Ditemukan

Leave a Reply