Home > D’PGRI > Guru Sesuaikan Olahraga yang Dipilih

Guru Sesuaikan Olahraga yang Dipilih

Agenda: Rakor Bidang Olahraga, Seni, dan Budaya
Reporter: Tim Redaksi

 

SEMARANG, derapguru.com – Guru dituntut selalu bugar supaya dapat malaksanakan tugas profesinya secara maksimal. Untuk menjaga kebugaran tersebut, guru memang harus intens berolahraga. Kendati demikian, tidak semua olahraga cocok untuk guru—terutama terkait dengan usia—sehingga guru harus bisa memilih  olahraga mana yang bisa diikuti dan ditekuni olehnya.

Peringatan-peringatan penting mengenai keolahragaan tersebut disampaikan Kabiro Olahraga, Seni, dan Budaya PGRI Jawa Tengah, Drs Taryono MPd, saat memimpin Rapat Koordinasi Biro-Bidang-Seksi Olahraga, Seni, dan Budaya PGRI Jawa Tengah secara daring, Senin 21 Agustus 2023.

“Di usia 40 tahun ke atas, terutama yang sudah 50 tahun, kalau mau olahraga sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu, supaya tahu kondisi jantung, kondisi tekanan darah, dan paru-parunya. Setelah tahu, baru memilih olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi masing-masing,” tutur Taryono.

Taryono menambahkan guru-guru dengan kebugaran yang bagus memang menjadi salah satu target biro yang dipimpinannya. Oleh karena itulah, dirinya meminta supaya guru senantiasa berolahraga dengan mempertimbangkan faktor fisik dan usia masing-masing. Guru yang jarang olahraga atau tidak pernah berolahraga sebaiknya memilih olahraga dengan risiko kecil.

“Ada sebuah kejadian, karena saat itu sedang ada porseni, guru-guru banyak yang terlibat dalam kegiatan. Kejadiannya saat digelar pertandingan sepakbola ada guru datang menonton. Tiba-tiba ada bola keluar lapangan mengarah pada guru tersebut. Merasa mantan atlet, dia menedang sekerasnya, sampai terjatuh. Setelah terjatuh tidak bisa bangkit lagi,” tutur Taryono

Dalam kesempatan tersebut Taryono juga memberikan tips bagi para guru yang hendak menjaga kebugaran dengan berolahraga. Tips yang diberikan antara lain memilih jenis olahraga yang tepat, menggunakan alat olahraga yang tepat, melakukan pemanasan dan pendinginan, dan jangan berlebihan. “Ingat, cukupi kebutuhan minum dan cari bimbingan dari ahlinya,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PGRI Jateng Dr H Muhdi SH MHum, Wakil Ketua PGRI Jawa Tengah Drs Rismono MPd, Sekum PGRI Jateng Drs H Aris Munandar MPd, Wakil Sekum PGRI Jateng Dr Saptono Nugrohadi MPd, Kabiro Komunikasi dan Informasi Dr Agus Wismanto MPd, dan Kabiro Kerohanian dan Pembinaan Karakter Sunan Baedowi SPdI MSi. (za)

You may also like
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah
Peletakan Batu Pertama Gedung PGRI Kota Pekalongan
Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gelar Pelatihan Quilling Paper

Leave a Reply