Home > D’Pop > Daerah > Gelar Karya SMA Warga Tampilkan Keragaman Budaya

Gelar Karya SMA Warga Tampilkan Keragaman Budaya

Agenda: SMA Warga Surakarta

Reporter: Tim Redaksi

 

SURAKARTA, derapguru.com — Siswa kelas X SMA Warga Surakarta meramaikan kegiatan Gelar Karya Bhinneka Tunggal Ika “Eksplorasi Keberagaman Budaya di Indonesia”, Kamis 26 Oktober 2023. Kegiatan yang dilangsungkan di halaman sekolah tersebut mengangkat Budaya Nusantara sebagai bingkai besarnya.

Wakil Kepala Bidang Humas SMA Warga Surakarta, Riana, mengatakan kegiatan itu merupakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5 dengan kegiatan unjuk karya Karya itu bisa berupa karya tangan miniatur bangunan, busana, maupun tarian, suatu daerah, sesuai yang telah ditentukan.

“Dari pagi sampai siang hari ini kami ada kegiatan unjuk kerja atau gelar karya P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Peserta per kelas ada temanya, lalu di-breakdown menjadi kelompok-kelompok,” ujar Riana.

Riana menjelaskan tema Bhinneka Tunggal Ika diambil untuk lebih mengenalkan budaya bangsa kepada para siswa. Setiap kelompok siswa diberi tugas untuk mengeksplorasi budaya suatu daerah, dari busana, rumah, hingga bahasa.

“Setiap kelas kami bagi menjadi berbagai kelompok, misal dari Kelas 10-A mempelajari budaya, tarian, alat musik di Kalimantan, Kelas X-B dari Sulawesi, Kelas X-C dari Bali, Kelas X-D dari Sumatra, Kelas X-E dari Sulawesi,” terang dia.

Dengan tugas itu, Riana mengatakan para siswa akan mengeksplorasi budaya daerah itu dari berbagai aspeknya. Alhasil, pengetahuan dan wawasan mereka bertambah. Tak sampai di situ saja. Para siswa itu juga membuat karya sehingga pemahaman atas nilai budaya suatu daerah bisa lebih mendalam.

“Jadi dari setiap kelas itu mempelajari budaya, tarian, atau alat musik di pulau itu. Karena wujud profil pelajar Pancasila harus mengenali budaya bangsa,” kata dia. (za)

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah

Leave a Reply