Home > D’PGRI > Dr Muhdi: Saya Bisa Begini Karena Sekolah

Dr Muhdi: Saya Bisa Begini Karena Sekolah

DR MUHDI

BATANG, derapguru.com – Sekolah memberikan peluang bagi siapapun untuk berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan atau dicita-citakan. Hendak sukses jadi apapun, syarat dasarnya dimulai dari (ber-)sekolah.

“Saya bisa begini karena saya sekolah. Karena motivasi guru SD saya. ‘Muhdi, cita-citamu jadi apa?’ Saya jawab pengin jadi insinyur, karena waktu itu tahunya kalau tidak dokter ya insinyur,” cerita Ketua PGRI Jateng, Dr Muhdi, di hadapan siswa SMK PGRI Batang, Kamis 5 Januari 2023.

Lebih lanjut Dr Muhdi menceritakan bila sang guru kemudian berpesan padanya, supaya harus rajin sekolah dan semangat belajar. Karena satu-satunya jalan untuk mewujudkan cita-cita adalah melalui sekolah.

“Pesan guru SD saya itulah yang terus saya pegang dan akhirnya, meskipun tidak jadi dokter, saya bisa menjadi seperti ini. Bila tidak sekolah, tidak mungkin anak desa seperti saya bisa jadi begini,” tandas Dr Muhdi di hadapan sekitar 800an siswa.

Dalam acara “Penguatan Profil Pelajar Pancasila” bagi Siswa SMK PGRI Batang tersebut, Dr Muhdi juga menunjukkan beberapa tayangan gambar orang-orang hebat, mulai Habibie, SBY, sampai dengan Bupati Batang. Dr Muhdi lantas menjelaskan, bila beliau-beliau yang hebat itu semuanya bermula dari bersekolah.

“Sekolah adalah pemungkin bagi setiap orang untuk meraih harapan dan cita-citanya. Dengan bersekolah, semua yang terlihat tidak mungkin akan menjadi mungkin untuk didapatkan. Maka teruslah bersekolah,” tutur Dr Muhdi.

Pada para siswa, Dr Muhdi juga memberikan kata kunci supaya dapat menjadi orang sukses. Ada beberapa ciri-ciri mendasar yang melekat pada diri orang-orang sukses. Pertama, memiliki kemauan belajar yang baik. Kedua, memiliki cara belajar yang efektif. Ketiga memiliki kreativitas yang baik.

“Keempat, memiliki kemandirian. Kelima, mampu berkolaborasi. Dan keenam, memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi ini sangat penting, jadi tidak hanya cakap dalam keilmuan atau keahlian saja, orang-orang sukses juga ditentukan cara berkomunikasinya,” tandas Dr Muhdi.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor UPGRIS yang juga Bendahara PGRI Jateng Dr Sri Suciati, Wakil Rektor III UPGRIS yang juga Ketua LKBH PGRI Jateng Dr Sapto Budoyo, Wakil Rektor IV UPGRIS yang juga Ketua PGRI Kota Semarang Dr Nur Khoiri, dan Ketua PGRI Kabupaten Batang Arief Rahman SPd MSi. (za)

You may also like
Dr Muhdi SH MHum: Pengurus PGRI Harus Bisa Menjadi Subyek Dalam Pembangunan Pendidikan
Dr Muhdi: Masyarakat Tahu Guru Itu Orang Baik
Soft Skill Saja Tidak Cukup, Perlu ‘Kemauan Berkembang’
PGRI Sudah Ingatkan Ancaman Krisis Guru

Leave a Reply