Home > D’PGRI > Dr Muhdi Pimpin Langsung Ziarah ke Makam Pahlawan dan Pendahulu PGRI Jateng

Dr Muhdi Pimpin Langsung Ziarah ke Makam Pahlawan dan Pendahulu PGRI Jateng

ZIARAH PGRI JATENG

SEMARANG, derapguru.com – Jelang peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, jajaran pengurus PGRI Jawa Tengah melakukan ziarah ke makam pahlawan dan makam pendahulu PGRI Jateng. Ziarah yang dipimpin langsung oleh Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah, Dr Muhdi, dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, 24 November 2022 pagi tadi.

Di sela-sela kegiatan ziarah, Dr Muhdi menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk terus mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan. Tanpa pengorbanan para pahlawan, bangsa ini tidak akan pernah merasakan rasa indahnya kemerdekaan.

“Pada setiap tahun, menjelang peringatan HUT PGRI, kami selalu berziarah ke makam para pahlawan. Selain untuk mengirimkan doa, ziarah juga untuk menunjukkan rasa terima kasih kami. Apalagi di Makam Pahlawan Giri Tunggal ini juga makam Ketua PGRI pendahulu, Drs Karseno,” tandas Dr Muhdi.

Lebih lanjut Dr Muhdi menuturkan, bahwa sejarah perjuangan yang sama dengan para pahlawan bangsa. Tidak sedikit guru-guru yang turut berjuang memperebutkan kemerdekaan. Bahkan, PGRI sendiri juga lahir setelah 100 hari kemerdekaan diproklamirkan.

Selain melakukan doa dan tabur bunga di Makam Pahlawan Giri Tunggal, rombongan juga berziarah ke beberapa makam pendahulu PGRI Jawa Tengah. Salah satunya menuju Kompleks Pemakaman Universitas Diponegoro (Undip) tempat dimakamkannya Ketua PGRI Jawa Tengah pendahulu, Taruna SH.

PGRI Jawa Tengah juga masih mengagendakan kunjungan ke Makam Dr Sulistiyo di Kabupaten Banjarnegara yang direncanakan setelah agenda Puncak Peringatan HUT Ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022. Agenda puncak peringatan sendiri akan digelar di Kompleks Pantai Marina Semarang 3 Desember 2022. Dalam agenda akbar tersebut, PGRI Jawa Tengah didaulat menjadi tuan rumahnya. (za)

Leave a Reply