Home > D’PGRI > Di Klaten, Ada Kampung Ramadan Sampai Lontong Katul

Di Klaten, Ada Kampung Ramadan Sampai Lontong Katul

PGRI KABUPATEN KLATEN

KLATEN, derapguru.com – Ada banyak agenda bulan ramadan di Kabupaten Klaten. Tidak hanya suasana ibadah yang khusyuk, ramadan di Klaten juga dipenuhi dengan kegiatan Kampung Ramadan di masing-masing kampung.

Kampung Ramadan merupakan kegiatan masyarakat untuk membuat semacam “pasar kaget” yang hanya digelar pada masa-masa bulan ramadan. Dalam kegiatan Kampung Ramadan dijajakan berbagai macam makanan tradisional maupun kekinian nyaris untuk menu berbuka puasa.

Hal tersebut digambarkan oleh Ketua PGRI Kabupaten Klaten, Sunardi, saat mengisi podcast “Ramadan Bareng PGRI Jateng” yang digelar Up Radio Semarang, Selasa 4 April 2023.

Lebih lanjut Sunardi menuturkan, di antara jajanan tradisional yang dijajakan, salah satu makanan yang banyak dicari adalah Lontong Katul. Lontong katul merupakan lontong yang dibuat dari bahan bekatul yang lembut. Makanan kuna ini termasuk makanan legendaris yang masih mampui bertahan sampai saat ini.

“Lontong Katul ini makanan saya waktu kecil. Dibuat dari bahan bekatul yang lembut,” tandas Sunardi sembari menuturkan makanan tradisional lain yang banyak dicari di antaranya klepon, apem, dan lain-lainnya.

Sedangkan terkait dengan bulan Ramadan, Sunardi berharap bulan ramadan ini dapat menjadi momentum kehidupan untuk tercapainya negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Negeri yang baik dengan keberkahan Tuhan yang Maha Pengampun.

“Bulan ramadan semoga menjadi momentum kehidupan yang bisa mewarnai perjalanan ke depan menuju bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, yang kesejahteraannya bisa dirasakan seluruh elemen masyarakat,” tutur Sunardi. (za)

You may also like
Guru Sertifikasi Nganti Kasil Saka PGRI
halal bihalal pgri klaten
Dr Muhdi: Buah Silaturahmi Adalah Solidaritas
ketua pgri kota pekalongan mabruri
Ngalap Berkah Lupis Raksasa, Rebutan Potongan Pertama
KARANGANYAR
Ada Reog Dalam Tampilan Seni Budaya Jelang Ramadan di Karanganyar

Leave a Reply