Home > BERITA > Tak Sekolah Bisa Ikuti Program PKK dan PKW

Tak Sekolah Bisa Ikuti Program PKK dan PKW

anak jalanan

JAKARTA, derapguru.com – Pemerintah terus berupaya agar anak-anak usia sekolah yang tak sekolah memiliki daya saing. Salah satunya adalah dengan peluncuran Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wiarausaha (PKW).

Program PKK dan PKW merupakan program untuk memberikan support langsung pada anak-anak usia sekolah tapi tak bersekolah dengan penambahan skill yang bisa mereka gunakan untuk hidup. Skill yang dinerikan terkait dengan kecakapan produksi produk dan kecapakan dalam berwirausaha.

“Agar mereka cukup kompetensi untuk terserap di dunia kerja, dan bisa berwirausaha,” kata Dirjen Pendidiakan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, dalam Peluncuran Program PKK & PKW 2023 secara daring, Jumat, 20 Januari 2023.

Lebih lanjut Kiki menuturkan, melalui PKK dan PKW pemerintah berupaya menghadirkan sistem pendidikan yang tujuannya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul sehingga, mereka siap mengahadapi tantangan masa depan.

“PKK dan PKW hingga saat ini sudah melayani anak bangsa. Dan kami harapkan segala suatu yang kami siapkan, dimanfaatkan dan digunakan anak bangsa yang memerlukan, membuat kita produktif dalam berperan serta dalam pembangunan bangsa,” tutur dia.

Kiki menambahkan, tantangan ke depan semakin berat, dampak covid, resesi dunia, dan makin tingginya tingkat persaingan kerja, melalui program ini, setidaknya anak-anak tidak sekolah memiliki harapan untuk bertahan.

“Karena tidak mudah menghadapi dunia kerja dan industri pada masa ini,” tandasnya. (za)

You may also like
52.236 Anak Putus Sekolah, Jenjang SD Terbanyak
Dirjen Pendidikan Vokasi Buka Kembali PKW dan PKK

Leave a Reply