Home > D’PGRI > 4 Golongan Yang Kehormatannya Wajib Dijaga

4 Golongan Yang Kehormatannya Wajib Dijaga

halal bihalal pgri kademan batang

SEMARANG, derapguru.com – Ada empat golongan manusia yang kehormatannya wajib dijaga. Keempat golongan tersebut adalah orang tua, guru, pemerintah, dan petugas keamanan.

Pesan menarik tersebut disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Kademan Batang, KH Maulana Zainul Iroqi, saat memberikan maidzoh hasanah dalam acara “Halal Bihalal Keluarga Besar PGRI Kademan Kabupaten Batang”, Selasa 2 Mei 2023.

“Bila kehormatan keempat golongan ini diganggu, wajib bagi kita untuk membelanya. Keempat golongan itu adalah orang tua, ustadz atau guru, umaroh atau pemerintah, dan petugas keamanan,” urai KH Maulana.

Orang tau wajib dijaga kehormatannya, lanjut KH Maulana, karena dari orang tualah kita berasal. Adanya diri kita karena adanya orang tua. Maka wajib bagi kita untuk patuh dan menjaga kehormatan orang tua.

‘Kedua, guru atau kalau orang Arab menyebutnya ustadz. Ustadz ini tingkatannya lebih tinggi dari orang tua. Orang tua itu membentuk tubuh fisik kita. Sedangkan yang menjadikan tubuh kita menjadi bernilai adalah guru,” urai KH Maulana.

Ketiga adalah umaroh atau pemerintah. Pemerintah wajib dijaga kehormatannya karena mereka adalah orang-orang yang mengemban tugas Allah untuk menjaga keharmonisan dunia. Merekalah orang-orang yang memiliki tanggung jawab besar agar segala yang ada di dunia ini bisa berlangsung dan berjalan baik.

Sedangkan keempat, lanjut KH Maulana, adalah petugas keamanan. Meski terdengar aneh, tapi petugas keamanan ini memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Petugas keamananan, baik itu polisi, tentara, satpam, dan sebagainya adalah orang-orang yang menjaga kita semua.

“Bayangkan bila tidak ada petugas keamanan. Orang kaya akan langsung dirampas hartanya. Yang beristeri cantik akan langsung direbut isterinya. Petugas keamanan ini memegang peranan penting, maka wajib bagi kita untuk menjaga kehormatannya,” urai KH Maulana. (za)

You may also like
Pertahankan Minat Anak Pada Seni Lukis Lewat Plasterkit
UPGRIS Akan Terima 88 Mahasiswa pada PMM 2024
Dr Muhdi: Pertanyaan Guru Mengubah Hidup Saya
Kirim WA Gambar Porno Termasuk Pelecehan Seksual

Leave a Reply