Home > BERITA > Transformasi Pendidikan Harus Merata di Seluruh Indonesia

Transformasi Pendidikan Harus Merata di Seluruh Indonesia

SUHARTI

JAKARTA, derapguru.com – Sekjen Kemendikbudristek, Ir Suharti PhD, menuturkan perlunya transformasi digital pendidikan untuk memastikan kualitas pendidikan bagi anak-anak se-Indonesia terbangun secara merata.

“Semua anak punya hak yang sama, dan kita perlu memastikan kualitas layanan merata untuk semua anak. Hanya pendidikan berkualitas yang bernilai bagi anak, mulai dari PAUD sampai SMA sederajat dan perguruan tinggi,” tuturnya dalam acara Acer Education Summit, Selasa 31 Januari 2023.

Suharti menuturkan bahwa Kemendikbudristek terus berupaya melakukan transformasi pendidikan secara merata di semua tempat di Indonesia tanpa terkecuali. Selain itu transformasi yang merata, Suharti juga mengatakan peningkatan mutu pendidikan tak boleh memilih-milih tempat.

“Kita tidak bisa bisa lagi hanya untuk tempat-tempat tertentu, kalangan tertenu saja. Semua warga negara punya hak yang sama mendapatkan layanan pendidikan tinggu yang baik dan berkualitas,” jelas dia.

Suharti menyebut pemerataan kualitas pendidikan bakal menjadi nilai tambah buat peserta didik. “Sehingga mereka memiliki kelebihan ketika mendapatkan pendidikan, menjadi anak-anak yang lebih unggul,” ujar dia.

Suharti mengatakan, transformasi digital memungkinkan buku ajar sampai ke anak-anak di daerah dengan akses transportasi lebih sulit. Namun, masih banyak PR yang perlu dilakukan. (za)

Leave a Reply