Home > UPGRIS > Tim UPGRIS Lakukan Pendampingan Keterampilan Digital

Tim UPGRIS Lakukan Pendampingan Keterampilan Digital

keterampilan digital
Agenda: Pendampingan Piranti Digital
Reporter: Tim Redaksi

SEMARANG, derapguru.com – Pada era digital, pemahaman terhadap dunia digital saja tidak lagi cukup untuk dapat menjalaninya secara kompetitif. Yang dibutuhkan tidak hanya paham, tapi juga terampil dan mahir dalam penguasaan terhadap berbagai macam perangkat digital.

Pekara inilah yang difokuskan Tim Pengabdian UPGRIS saat melakukan kegiatan “PkM Pendampingan Pengembangan Kader Pos PAUD RW XI Kelurahan Tambakaji Berbasis Digitalisasi” yang digelar di Tambakaji Kota Semarang, belum lama ini.

“Tidak sekadar mengenalkan, tapi kami dampingi sampai benar-benar terampil dan mahir menggunakan perangkat digital,” urai Ketua Pengabdian, Mundzanatun MPd, didampingi anggota yang terdiri atas Fine Reffiane MPd dan Intan Rahmawati MPd.

Mundzanatun mengatakan, masalah yang dihadapi para kader PAUD di wilayah ini rerata adalah belum terampil dan belum familiar dengan berbagai perangkat digital. Hal ini terjadi karena sebelumnya mereka belum banyak menggunakan piranti digital dalam kegiatan keseharian mereka.

“Ketika pandemi tiba, mau tidak mau karena dihantam pandemi, semua hal dikerjakan secara digital. Pada saat inilah mereka baru menyadari bahwa perangkat digital bukan lagi piranti yang penggunannya hanya sekali dua kali seperti masa sebelumnya. Tapi piranti yang akan melekat terus sebagai bagian dari kehidupan manusia,” tandas Mundzanatun.

Lebih lanjut Munzanatun menguraikan, beberapa kegiatan yang dilakukan tim tidak selalu haru berat, seperti mengajari mereka menggunakan aplikasi atau program tertentu. Kadang yang butuh pendampingan justru perkara sederhana seperti mengajarkan pembiasaan menggunakan mouse atau melatih meng-connect-kan piranti digital dengan ponsel.

“Tidak selalu yang rumit-rumit. Kadang yang mereka butuhkan justru perkara-perkara ringan. Semoga pelatihan ini membawa manfaat bagi para peserta,” pungkas Mundzanatun. (za)

You may also like
Wakil Rektor III UIN Walisongo Akan Ceramah di Halal Bihalal PGRI Jateng
Ribuan Mahasiswa Calon Dokter Spesialis Depresi, Kemendikbudristek Info Kemenkes
Dr Muhdi: Siapapun Yang Tidak Hadir Rugi Besar
Dr Bunyamin: Ramadan Membuat Kita Kembali Menemukan Jati Diri

Leave a Reply