Home > D’Pop > Daerah > Polisi Sahabat Anak, Sambangi Siswa SDN 3 Lesmana

Polisi Sahabat Anak, Sambangi Siswa SDN 3 Lesmana

polisi ramah anak
Agenda: Kunjungan Polisi Sahabat Anak di SDN Lesmana Banyumas
Reporter: Yusep Kurniawan

 

BANYUMAS, derapguru.com — SDN 3 Lesmana Korwilcam Dindik Ajibarang menerima kunjungan dari aparat kepolisian Polisi Sektor (Polsek) Ajibarang, Rabu 31 Mei 2023. Kunjungan Polisi Sahabat Anak, Ipda  Basuki Rahmat, yang lebih akrab di panggil Ipda Bara tersebut, dalam rangka “Program Polisi RW”.

Polisi RW adalah program dari kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan basis kewilayahan. Polisi RW akan berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan Ketua RW, termasuk bersama dengan tokoh masyarakat setempat.

“Kegiatan ini merupakan Program Polisi RW, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, yang juga dalam rangka peringati Harkamtibmas,” kata Ipda Bara.

Kehadiran polisi secara langsung di tengah-tengah para siswa dan guru menurut Ipda Bara juga bertujuan memperkenalkan Polisi Sahabat Anak (PSA) sebagai upaya menanamkan rasa kecintaan anak kepada polisi sejak dini. Harapannya, anak-anak akan merasa nyaman, aman, dan tidak takut bila bertemu polisi.

“Selain itu, kedatangan kami juga untuk mengenalkan kepada para siswa Polisi Sahabat Anak (PSA). Ini merupakan upaya menanamkan kecintaan anak kepada Polisi. Tidak lagi anak takut jika ada Polisi,” pungkas Ipda Bara.

Ipda Bara juga menyampaikan pentingnya penanaman karakter anak agar anak kelak bisa mandiri, percaya diri dan bernalar kritis. Tentu tujuannya menurut Ipda Bara adalah agar dapat mencapai apa yang anak cita-citakan. Pada kesempatan tersebut Ipda Bara juga menyampaikan tentang pencegahan tindakan bullying sesama kawan kepada para siswa. Ia berharap para siswa jangan lagi saling membuli.

“Anak-anakku semua yang baik, pintar dan rajin tolong jangan saling membuli teman. Bullying itu sebuah perilaku menyimpang yang akan melukai dan menyakiti perasaan teman,” lanjut Ipda Bara.

Kepala SDN 3 Lesmana, Karso SPd, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Polsek Ajibarang, yang diwakili Ipda Bara atas kunjungannya mengenalkan polisi kepada para peserta didiknya. Menurutnya  kegiatan ini sangat penting supaya anak-anak SD paham pentingnya polisi bagi masyarakat.

“Saya sangat senang atas kunjungan Pak Polisi dari Polsek Ajibarang ke sekolah saya. Kunjungan Polisi RW dan Sekaligus Polisi Sahabat Anak disambut baik oleh para siswa. Semua siswa sangat antusias dan akrab dengan Polisi,” ucap Karso. (za)

You may also like
Kadindik Joko Wiyono: 4 Hal Penting yang Perlu Diimplementasikan Guru
Puncak Hari Jadi ke-453: Tumpah Ruah, Ribuan Warga Banyumas Saksikan Kirab Pusaka
SMPN 1 Kemranjen Peringati Isra Mi’raj dan Gelar Karya P5
SMPN 1 Kedungbanteng Gelar Pentas Kolaboratif

Leave a Reply