Home > D’Pop > Daerah > SMPN 1 Kedungbanteng Gelar Pentas Kolaboratif

SMPN 1 Kedungbanteng Gelar Pentas Kolaboratif

Agenda: SMPN 1 Kedungbanteng
Reporter: Yusep Kurniawan

 

BANYUMAS, derapguru.com – SMPN 1 Kedungbanteng Banyumas menggelar pentas kolaboratif dengan Komunitas Laras Budaya Desa Kalikesur Banyumas, Senin 4 September 2024. Kegiatan yang dirancang untuk memperingati HUT ke-44 SMPN 1 Kedungbanteng tersebut diisi dengan berbagai pentas seni yang ditampilkan opara siswa dan komunitas  budaya.

Kepala SMPN 1 Kedungbanteng, Sujoto SPd MPd, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Kepala Dinas Pendidikan yang juga sekaligus mewakili Wakil Bupati Banyumas yang berhalangan hadir dalam acara. Sujoto berharap, melalui kegiatan ini akan terimplementasikan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yang di antaranya: beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” tutur Sujoto.

Sujoto juga menuturkan, tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengenali nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dengan harapan para siswa bisa mengenal kearifan lokal dan budaya daerahnya sendiri. Hal tersebut adalah perwujudan Tri Pusat Pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Banyumas, Drs Joko Wiyono MSi, menyampaikan pesan penting, bahwa kegiatan Gelar Budaya SMPN 1 Kedungbanteng dan  Komunitas Laras Budaya Desa Kalikesur memiliki peran penting dan strategis. Menurutnya acara yang digelar di halaman SMPN 1 Kedungbanteng tersebut merupakan bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai ruang aktualisasi karya peserta didik dan menguatkan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya daerah.

“Ini momen yang sanget penting dan strategis. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian IKM dan P5. Strategis, kegiatan menyiapkan generasi muda bangsa untuk bisa berkarya bagi dunia tetap namun mencintai bangsanya,” ujar Joko Wiyono.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Esti Purwaningsih SPd, menyampaikan bahwa tema kegiatan tersebut adalah: bergerak bersama semarakkan merdeka belajar mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Selaku ketua panitia, Esti berterima kasih kepada seluruh rekan panitia yang telah mempersiapkan acara gelar budaya dengan baik.

“Selama perjalanan panjang, SMPN 1 Kedungbanteng telah raih berbagai prestasi, hal tersebut tentu karena dukungan dari berbagai pihak, dukungan dan kolaborasi dari pihak orang tua/wali siswa, sekolah, dan juga masyarakat. SMPN 1 Kedungbanteng ini menjadi wadah kebersamaan, ikatan yang kuat diantara seluruh warga sekolah yang berkomitmen tingkatkan kualitas pendidikan. Dengan kebersamaan dan kolaborasi, kita raih banya prestasi, terima kasih ibu/bapak semua,” ungkap Esti.  (za/wis)

You may also like
Siswa MTsN 3 Malang Raih Prestasi di Rumania
Meski Tak Jadi Eskul Wajib, Pramuka Tetap Wajib Ditawarkan
22 Ribu Jurnal Perguruan Tinggi Bakal Dievaluasi Diktiristek
Kadindik Joko Wiyono: 4 Hal Penting yang Perlu Diimplementasikan Guru

Leave a Reply