Home > D’Pop > Daerah > SMK Tengaran Gelar ‘Job Fair 2023’

SMK Tengaran Gelar ‘Job Fair 2023’

Agenda: Job Fair SMK 1 Tengaran
Reporter: Tim Redaksi

 

UNGARAN, derapguru.com — SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang menggelar bursa kerja bertajuk “Job Fair 2023” yang merupakan rangkaian kegiatan Expo XSaTa: ajang pameran produk SMK dan juga hasil karya program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Gelaran job fair yang digelar di lingkungan sekolah pada Rabu—Kamis 18-19 Oktober 2023 ini, melibatkan 28 perusahaan berskala lokal, nasional, maupun internasional.

Kepala SMK 1 Tengaran, Farida Fahmalatif SPd MPd, mengatakan job fair ini sebagai sarana rebranding SMK N 1 Tengaran pada khalayak umum. Untuk itu mereka juga mengenalkan maskot baru sekolah, yakni Chiko, Cici dan Rara. Maskot tersebut merupakan representasi dari hardskill dan softskill yang dimiliki siswa SMK N 1 Tengaran.

“Kami juga mengandeng Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang untuk pembuatan kartu AK1 (kartu kuning) secara gratis di lokasi job fair. Bersamaan dengan kegiatan Job Fair diselenggarakan pula Expo XSATA dengan berbagai kegiatan di dalamnya,” katanya.

Farida menyebut, SMKN 1 Tengaran memiliki enam konsentrasi keahlian yakni Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Desain Produksi Busana, Kuliner, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Teknik Komputer dan Jaringan.

Pada ekspo XSATA kali ini, masing masing konsentrasi keahlian menampilkan karya terbaiknya. Teknik Kendaraan Ringan menampilkan mobil listrik dengan nama XSATA EV hasil rakitan siswa SMKN 1 Tengaran bekerja sama dengan PT Surya Tekno Mandiri (Estima).

“Teknik Sepeda Motor menampilkan hasil konversi sepeda motor karburator ke sepeda motor listrik, karya modifikasi motor, jasa poles sepeda motor, SIM masal serta pameran karya kerajinan limbah otomotif,” tandas Farida Fahmalatif.

Lebih lanjut Farida Fahmalatif menuturkan, untuk jurusan Desain Produksi Busana mengusung konsep zero waste dalam rancangan outer dengan merek “Oxidane bos” yang dikenakan seluruh guru SMKN 1 Tengaran. Jurusan ini juga memamerkan berbagai jenis busana maupun kain ecoprint hasil karya siswa.

“Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak menampilkan web desa dan instansi hasil karya siswa yang disalurkan oleh Diskominfo, desain PPT, desain 3D serta hasil hasil karya anak selama magang di industri. Teknik Komputer dan Jaringan menampilkan produk unggulan aneka produk dari sablon digital,” pungkas Farida Fahmalatif. (za)

You may also like
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB
Dalam Suasana Duka, Rektor UPGRIS Buka Porsima UPGRIS
Rumah Bu Guru Blora Ludes Dilalap Si Jago Merah

Leave a Reply