Home > D’Pop > Daerah > SMK RUS Kudus, Animasinya Tidak Kaleng-Kaleng

SMK RUS Kudus, Animasinya Tidak Kaleng-Kaleng

Agenda: SMK RUS Kudus
Reporter: TIm Redaksi

 

JAKARTA, derapguru.com – Diam-diam ada yang mengagetkan dari Kota Kudus. Ternyata dari hamparan tanah lereng Gunung Muria sana, ada sekolah vokasi dengan kemampuan animasi yang tidak kaleng-kaleng. Produknya banyak beredar di level nasional dan telah pula terlibat dalam produksi animasi internasional.

Sekolah itu bernama SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus. Sekolah vokasi yang sempat mencuri perhatian dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Rabu 18 Oktober 2023. Dengan Studio RUS Animationnya, sekolah ini telah menghasilkan produk-produk luar biasa.

Project Manager RUS Animation SMK RUS Kudus, Sekar Kinasih, menuturkan ada banyak produk iklan lokal maupun nasional yang telah mereka hasilkan. Bahkan, untuk level internasional mereka juga sudah terlibat dalam pembuatan animasi Cocomelon dan Alvin and The Chipmunks.

Cocomelon itu kita (terlibat dalam pembuatan) 3D modeling. Itu kita yang kerjain. Alvin and the Chipmunks, itu kita kerjain modeling-nya. Jadi banyak banget projek-projek yang kita kerjain tapi gak full animation. Jadi, misal bisa modeling-nya, rigging-nya, atau konsepnya itu kita yang kerjain,” ungkap Sekar Kinasih.

Sekar Kinasih menambahkan dari projek-projek tersebut, pada tahun lalu RUS Animation telah menghasilkan banyak keuntungan. Angkanya bahkan mencapai hingga milyaran rupiah. “Kita malah banyak mendapatkan projek dari luar, dan pendapatan kita tahun lalu sudah hampir Rp 6 M,” ungkapnya.

Pada ekspo kali ini, SMK RUS Kudus menampilkan berbagai macam produk animasi yang telah dihasilkan. Untuk itu mereka menampilkan beberapa karya berupa 3D LED Advertising dan IT animasi Waka Kibo. Produk animasi Waka Kibo nantinya akan ditayangkan di kanal YouTube milik RUS Animation.

“Kalau ini Kibo, ini salah satu IT animasi yang kita buat, namanya Waka Kibo. Soon kita akan tayangkan segera di chanel RUS Animation (YouTube),” tutur Sekar.

Selain itu, rupanya SMK RUS telah beroperasi layaknya animator profesional. Sekar menuturkan RUS Animation telah mengerjakan banyak projek, termasuk dari luar negeri. Di antaranya terdapat animasi kesukaan anak-anak, yakni Cocomelon dan Alvin and the Chipmunks. (za)

You may also like
MTs NU Banat Kudus Raih Medali Perunggu di Ajang KoRN
Dr Muhdi Apresiasi Kadisdikpora Kudus Dalam Tangani Masalah Guru
Kalau Masih Bisa, Tangani Organisasi
KADISDIKPORA KUDUS
Gurune Entek, Kepala dan Pengawase Juga Melu Entek

1 Response

Leave a Reply