Home > Entertainment > Penulis Skenario The Glory Per Episode Dibayar 1,2 M

Penulis Skenario The Glory Per Episode Dibayar 1,2 M

Kim Eun Sook

SEMARANG, derapguru.com — Profesi sebagai penulis skenario memang cukup menjanjinkan. Seperti profesi yang dijalani Kim Eun Sook yang sukses menggarap drakor-drakor hebat seperti The Glory, Goblin, Mr Sunshine, dan Descendants of the Sun.

Sebagai penuluis yang tak pernah gagal dalam melahirkan darakor-drakor legendaris, Kim Eun Sook tentu juga mendapatkan bayaran yang tak main-main. Perolehannya menjadi perbincangan dalam komunitas pecinta drakor di media sosial.

Menurut postingan tersebut, Kim Eun Sook untuk menangani The Glory disebut mendapatkan bayaran KRW 100 juta per episode, atau sekitar 1,2 miliar rupiah.

Pembahasan mengenai bayaran Kim Eun Sook juga pernah menjadi perhatian pada 2019. Kala itu program televisi Heard It Through The Grapevine juga membahas soal masa lalu sang penulis yang rupanya tak sesukses sekarang.

“Penulis Kim masuk perguruan tinggi lima tahun lebih lambat dari rekan-rekannya karena dia harus mendapatkan uang untuk membayar uang sekolahnya. Setelah lulus, dia menulis naskah drama di Daehak-ro, tetapi dia bukan penulis yang dikenal. Sehingga dia tidak punya penghasilan tetap,” ungkap sang reporter.

Gaji pertama yang diterima Kim Eun Sook disebut sebesar KRW 700 ribu. Setelahnya ia mulai dikenal lewat Lovers in Paris, bayarannya meningkat hingga KRW 30 juta per episode.

Lewat kepopuleran Goblin, membuat bayaran Kim Eun Sook kembali meningkat hingga KRW 70 sampai 80 juta. Dan saat ini, bayarannya disebut lebih dari KRW 100 juta.

Sepanjang kariernya, Kim Eun Sook juga beberapa kali menerima penghargaan karena naskah yang ia tulis. Pada 2011, ia menerima penghargaan Outstanding Korean Screenwriter di ajang Seoul International Drama Awards lewat drama Secret Garden.

Kim Eun Sook juga menerima penghargaan Best Screenplay pada 2016 dari KBS Drama Awards lewat Descendants of the Sun. Kemudian satu tahun setelahnya, ia menerima Daesang (penghargaan tertinggi) lewat drama Goblin di Baeksang Arts Awards.

Bagaimana, tertarik dengan profesi Kim Eun Sook? (dtk/za)

Leave a Reply