Home > Populer > Nadiem Sebut Indeks Pemajuan Kebudayaan Alami Peningkatan

Nadiem Sebut Indeks Pemajuan Kebudayaan Alami Peningkatan

NADIEM

Agenda: Indeks Pemajuan Kebudayaan (IPK) 2022

Reporter: Tim Redaksi

JAKARTA, derapguru.com — Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut terjadi peningkatan dalam Indeks Pemajuan Kebudayaan (IPK) 2022. Hal itu tak lepas dari peningkatan pembangunan di daerah.

“Dengan adanya arah pembangunan kebudayaan Indonesia yang lebih strategis dan kolaboratif, kita berhasil meningkatkan angka Indeks Pemajuan Kebudayaan secara signifikan, dari 51,90 pada 2021 menjadi 55,13 pada 2022,” kata Nadiem di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, Senin, 23 Oktober 2023.

Nadiem menjelaskan investasi di bidang kebudayaan juga akan menghasilkan Social Return on Investment (SRoI) dan Cultural Return on Investment (CRoI). Salah satu hasilnya berupa peningkatan kerukunan antarumat beragama dan kebebasan sipil.

“Ini sekaligus mendorong arah pembangunan kebudayaan Indonesia yang lebih strategis dan kolaboratif. Selain itu, hasil studi Indeks Pemajuan Kebudayaan Nasional juga menunjukkan dampak positif dari kerja-kerja kebudayaan terhadap berbagai sektor kehidupan,” tutur Nadiem.

Nadiem menilai peningkatan indeks pemajuan kebudayaan Indonesia merupakan hasil kerja keras semua pihak. Dia berharap tahun depan indeks dapat kembali ditingkatkan.

“Hasil ini sudah semestinya menjadi dasar bagi kita untuk mengakselerasi upaya pemajuan kebudayaan nasional yang lebih berkelanjutan di masa mendatang,” tutur Nadiem. (za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply