Home > D’Pop > Daerah > Belajar Pemilu, Siswa SMPN 6 Temanggung Datangi KPU

Belajar Pemilu, Siswa SMPN 6 Temanggung Datangi KPU

Agenda: SMPN 6 Temanggung

Reporter: Tim Redaksi

TEMANGGUNG, derapguru.com — Sejumlah siswa SMP Negeri 6 Kabupaten Temanggung berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kabupaten setempat, Senin 23 Oktober 2023. Dalam kunjungan tersebut para siswa belajar bagaimana menggelar pemilu secara demokratis.

Guru SMPN 6 Temanggung, Hanif Ramadani, menuturkan melalui kunjungan tersebut diharapkan para siswa mempunyai gambaran langsung tentang pemilihan langsung. Target akhirnya, para siswa dapat menggelar pencoblosan layaknya gelaran pemilu di negeri ini.

“Pemilihan OSIS nanti adalah salah satu dari gelar karyanya,” kata Hanif Ramadani.

Ketua KPU Temanggung, M Yusuf Hasyim, mengatakan kunjungan ke rumah pintar ini menjadi bagian dari pembelajaran pemilu berkaitan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi.

Di hadapan para siswa, KPU memberikan gambaran bagaimana sejarah dari pemilu ke pemilu. Kemudian bagaimana teknis dalam pemungutan suara di TPS, termasuk menyiapkan para petugasnya. Lalu cara mencoblos, memilih dijamin kerahasiannya, dan memasukkan surat suara ke kotak suara.

Pendidikan seperti itu sangat penting diberikan kepada anak karena generasi muda harus mendapatkan informasi proyeksi terkait dengan pembelajaran demokrasi di Indonesia.

“Hal ini perlu tahapan-tahapan yang kami sampaikan kepada anak-anak sebagai pembelajaran profil pelajar Pancasila,” tandasnya. (ant/za)

You may also like
Ingat Bunda, Cara Komunikasi Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda
FERDIANSYAH
Komisi X: Selalu Kurang Anggaran, Tapi Tak Berani Terbuka
SMKN 1 Juwangi Grobogan – Estima Industry Kembangkan Motor Listrik
Komisi X Dukung KPK Berantas Gratifikasi PPDB

Leave a Reply